Bacaan Sholawat Nariyah Full (Lengkap)

Bacaan Sholawat Nariyah (Lengkap) – Teks atau tulisan lafadz serta keutamaan solawat nariyyah full huruf arab latin dan artinya atau terjemahannya bahasa Indonesia akan menjadi tema pada pembahasan kali ini.

Isi kandungan dari sholawat nariyah sendiri adalah sanjungan untuk Rasulullah Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam, yang merupakan nabi akhir zaman beserta keluarga beliau dan juga para sahabat.

Shalawat nariyah sendiri adalah lirik lirik doa yang indah atau dalam bahasa arab disebut dengan syair, banyak yang mengangap bahwasannya membaca sholawat ini akan mendatangkan banyak manfaat atau khasiat, keutamaan atau fadhilah, keistimewaan, barokah, mukjizat baik untuk kegunaan dunia maupun akhirat.

Namun ada juga yang beranggapan bahwasannya amalan sholawat nariyah adalah bid’ah bahkan sesat, lalu bagaimana kita menyikapi dengan benar macam macam perkara dari lafal yang masih terjadi khilafiah dikalangan umat ini ?

Semuanya akan dibahas secara lengkap pada pertemuan kali ini, dan untuk sobat yang ingin download mp3 bunyi lirik sholawat nariyah secara gratis atau free, sebelumnya kami sudah pernah membagikan file audio rekaman sholawat ini. Silahkan anda cari dengan mengetikan dengan pendek nama file pada kotak pencarian islamiques.

Tulisan Sholawat Nariyah Dan Artinya

Bacaan sholawat nariyah sendiri adalah kalimat memohon keselamatan dan kesejahteraan kepada nabi Muhammad S.A.W.

Kalimat yang penuh dengan faedah ini banyak dihafal oleh beberapa jamaah kaum muslim dan sering juga dijadikan amalan harian (sehari hari).

Lalu seperti apa teks atau tulisan bacaan sholawat nariyah ini ? berikut ini bacaannya.


– Tulisan Sholawat Nariyah Bahasa Arab

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِـــــــيْمِ

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَ سَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِى تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَ تَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَ تُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَ تُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَ حُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَ يُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَ عَلىٰ آلِهِ وِ صَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ


– Teks Latin Sholwat Nariyah

āllāḥummā sḥollī sḥolāātān kāāmīlātān wāsāllīm sālāāmān.

Tāmān ‘ālā sāyyīdīnā Muḥāmmādī llādzī tānḥāllu bīḥīl ‘uqodu wā tānfārīju bīḥīl kurobu.

Wā tuqdḥobīḥīl ḥāwāāīju wā tunnā lu bīḥīro ‘ību wā ḥusnul kḥotīmā wā yustāqol gḥomāwu bīwājḥīḥīl kārīīm wā ‘ālā āālīḥī wāsḥoḥbīḥī fīī kullī lāmḥātīn wā ḥāfāsīm bī’ādādī kullī mā’lu mī lākā yā robbāl ‘āālāmīīn


– Arti Atau Terjemahan Sholawat Nariyah

Yā āllāḥ Tuḥān Kāmī, līmpāḥkānlāḥ kesejāḥterāān dān keselāmātān yāng sempurnā ātās junjungān kāmī Nābī Muḥāmmād SāW.

Semogā terurāī dengān berkāḥnyā segālā mācām buḥulān dīlepāskān dārī segālā kesusāḥān, dītunāīkān segālā mācām ḥājāt, tercāpāī segālā keīngīnān dān kḥusnul kḥotīmāḥ, dīcurāḥkān rāḥmāt dengān berkāḥ prībādīnyā yāng mulīā.

Kesejāḥterāān dān keselāmātān yāng sempurnāḥ ītu semogā Engkāu līmpāḥkān jugā kepādā pārā keluārgā dān sāḥābātnyā setīāp kedīpān mātā dān ḥembusān nāfās, bāḥkān sebānyāk pengetāḥuān Engkāu, Yā Tuḥān semestā ālām.


– Mp3 Sholwat Nariyah Sedih Ustadz Jefri Al Buchori


– Vidio Youtube Sholawt Nariyah Uje (original)



Itu tadi kumpulan kalimat atau teks tulisan maupun bacaan dari sholwat nariyah lengkap dengan huruf arab, latin dan juga arti atau terjemahannya yang bisa untuk sobat baca.

Untuk selanjutnya mari kita mengenal beberapa pembahasan dari sholwat nariyah mulai dari sejarah, keutamaan atau fadhilah, keampuhan dan juga hukum dari sholwat nariyah.

Untuk yang pertama mari kita mengenal sejarah dari salah satu bacaan sholawat yang fenomenal dan bersejaran ini.

Sejerah Sholawat Nariyah

sejarah sholawat nariyah

Menurut beberapa sumber ada banyak versi yang menyebutkan siapa pencipta atau pengarang dari sholawat nariyah ini.

Ada yang mengatakan bahwasannya sholawat ini diciptakan oleh As-Sanusy, ini tertuang dalam “Rahasia Keutamaan dan Keistimewaan Sholawat ciptaan Nur Muhammad Khadafi, serta dinukil dari atsar ash-Shalawat al-Wahidiyyah pada halaman yang ke 21“.

Dan ada pula yang menganggap sholawat ini dibuat oleh syaikh nariyah, salah satu syaikh yang hidup pada masa Rasul S.A.W, dan masih termasuk dari sahabat Rasulullah S.A.W.

Dari beberapa sumber, diterangkan awal mula beliau membuat sholawat ini adalah didasarkan pada kerja keras Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam dalam mengajarkan tentang Islam kepada umatnya yang hidup pada waktu itu yang masih hidup dalam masa jahiliyah.

Penulis sholawat nabi ini pernah memabacanya sebanyak 4444 kali lalu beliau mendapat sebuah karomah, dan pada suatu kesempatan mejelis ilmu dari Rasulullah S.A.W, beliau syaikh nariyah meminta agar bisa dimasukan kedalam surga bersama Beliau S.A.W dan dikabulkan permintaan dari syaikh nariyah.

Dan pada kala itu ada sahabat yang juga mendengar bahwasannya permintaan dari syaikh nariyah di setujui oleh Rasulullah, lalu sahabat itu minta juga untuk didoakan agar dimasukan kedalam surga, namun yang terjadi adalah permintaan sahabat itu tidak di iyakan oleh Nabi Muhammad S.A.W.

Alasan kenapa permintaan sahabat yang lain itu ditolak adalah para sahabat yang lain tidak mengetahui jenis amalan apa yang dikerjakan syaikh nariyah, sejatinya amalan bersholwat kepada nabi merupakan doa keselamatan yang disanjungkan untuk nabi dan juga untuk dirinya sendiri.

Seperti saat kita sholat mulai dari takbir, membaca doa iftitah sampai salam adalah bacaan keselamatan untuk diri kita sendiri.

Dan dalam sholat ada bacaan sholawat, yakni pada saat duduk tahiyat. Dalam bacaan tahiyat itu terdapat sholawat yang biasa kita baca.

Dan itu tadi riwayat atau sejarah pendek terciptanya sholawat nariyah, sejarah singkat diatas sampai saat ini masih banyak yang mengetahui dan juga mengamalkan.

Dan buku buku sholawat nariyah juga banyak dicetak serta bisa didapat dengan mudah di toko toko buku.

Mengenal Keampuhan, Keutamaan Atau Fadhilah Sholawat Nariyah

Fadhilah Sholawat nariyah

Banyak yang menganggap bahwasannya dengan membaca sholwat nariyah akan mendatangkan banyak sekali fadhilah atau keutamaan keutamaan yang tidak bisa dibayangkan oleh manusia.

Dan ada beberapa bilangan khusus yang jika dibaca maka akan mendatangkan sesuatu, berikut ini beberapa ulasan tentang keampuhan sholawat nariyah itu.

1. Syaikh Muhammad at-Tanusi mengatakan bahwasannya saat seseorang itu membaca sholawat nariyah sebanyak 11 kali di setiap hari maka akan dilimpahkan rizeki dari langit dan juga akan ditumbuhkan melalui bumi. Hal ini seperti halnya ketika kita membaca doa setelah sholat dhuha.

2. Dan menurut Imam Ad-Dainuri, membaca dzikir setelah sholat fardhu dan ditambahkan dengan sholawat nariyah sebanyak 11 kali maka rizki seorang itu akan tidak ada putus putusnya serta dinaikan derajatnya.

3. Kemudian saat sholawat ini dibaca sebanyak 41 kali, maka akan mendatangkan ijabah dari Allah Ta’ala akan segala doa yang diinginkannya.

4. Dan untuk orang yang ingin mengetahui apa apa yang menjadi rahasia dan harapannya, dengan membaca 313 sholawat nariyah semuanya itu akan terkuak tabirnya.

5. Saat seseorang mengamalkan dengan memabaca sholawat nariyah sebanyak 100 kali maka segala angannya akan menjadi kenyataan bahkan melebihi apa yang diinginkannya.

6. Dan saat dibaca 1000 kali, maka seseorang itu akan mendapatkan apa apa yang diluar perkiraanya baik dari telinga, mata sampai hal hal yang tidak pernah diinginkan dalam hati.

7. Menurut Al-Qurthubi, Jika seseorang membaca sholawat nariyah sebanyak 4444 maka segala angan atau harapannya baik impian yang besar sekalipun akan menjadi kenyataan atau terwujud. Caranya adalah dengan diiringi dengan tawasul pada Rasulullah S.A.W

Itu tadi beberapa keutamaan yang akan didapatkan seseorang ketika ia mengamalkan bacaan sholawat nariyah.

Namun kita harus juga mengiringi dengan usaha untuk mewujudkan apa apa yang kita inginkan dengan tindakan nyata, karena sesungguhnya amalan amalan diatas hanya doa semata.

Tanpa kita berusaha atau ikhtiar dalam mewujudkan segala impian atau angan kita, semua doa akan sia sia.

Sesungguhnya Allah Ta’ala tidak akan merubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak memulai untuk mengubah nasibnya (dengan tindakan/perbuatan).

Baik, itu tadi sekilas tentang fadhilah atau keutamaan yang akan didapatkan ketika mengamalkan sholawat nariyah.

Untuk selanjutnya mari kita membahas hukum dari mengamalkan sholawat nariyah.

Hukum Sholawat Nariyah

Hukum Sholawat Nariyah

Bagaimana sih hukum sholawat nariyah itu ?

Apakan diperbolehkan atau dilarang ?

Di indonesia sendiri selain sholawat nariyah, ada banyak sekali model dan bentuk macam macam sholawat sholawat lain, seperti :

– Sholawat Badar,
– Sholawat Munjiyat
– Sholawat Wahidiyah
– Sholawat Thibbul Qulub

Sebelumnya mari kita pahami makna dari ibadah itu sendiri, Perkara ibadah adalah perkara yang sangat sakral dan harus berhati hati dalam melaksanakannya.

Dalam kaidah ilmu fiqh yang sangat terkenal di kalangan para penuntut ilmu menyebutkan bahwasannya “hukum asal (awal) ibadah sendiri adalah haram, kecuali ada dalil yang menuntunkannya”.

Suatu ibadah itu akan diterima oleh Allah Azza Wa Jalla jika dilakukan oleh orang yang beriman, dikerjakan secara ikhlas serta ada tuntunan atau ajaran yang bersumber dari Sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam.

Dan dari tulisan tulisan diatas mulai dari bacaan sampai dengan manfaat atau fadhilah sholawat nariyah kita musti mencari tahu bagaimana dasar hukumnya ?

Kebanyakan dari kita dalam mengamalkan suatu perkara ibadah adalah hanya anjuran dari seorang tokoh, tanpa memperhatiakan maupun mananyakan secara detil sumber atau dasar untuk menjalankan ibadah tersebut.

Dari beberapa sumber kredibel yang kami kutib, ada beberapa point penting yang menjadi acuan dari hukum sholawat nariyah, seperti :

1. Menyatakan bahwasannya tidak ada sahabat nabi yang bernama Nariyah, serta penyebutan gelar syaikh itu bukan kebiasaan para ulama.

2. Tidak ada sanad atau rantai perawi hadits dari kisah sejarah sholawat nariyah, sedangkan Islam adalah agama yang mampu menyaring kisah palsu serta lainnya melalui rantai riwayat hadits. Dan ini hanya dimiliki oleh agama islam.

Adapun Sholawat yang benar dan sesuai sunnah (berdasarkan dalil dalil yang shahih) adalah sebagai berikut.

Kalimat Sholawat Yang Sesuai Sunnah

Memang dibenarkan jika sholawat kepada nabi itu ada banyak sekali macam jenisnya, tapi secara garis besar ada 2 jenis sholawat, diantaranya adalah :

1. Sholawat Yang Disyariatkan.

Sholawat ini adalah jenis bacaan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam kepada sahabar sahabat beliau.


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ (فِي رِوَايَةٍ: وَ بَارِكْ) عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Latinnya :
āllāḥummā sḥāllī ‘ālā Muḥāmmād wā ‘ālā ālī Muḥāmmād, kāmāā sḥāllāītā ‘ālā ībrāḥīm wā ‘ālā āālī ībrāḥīm, īnnāKā ḥāmīdum Mājīd. āllāḥummā bārīk (dālām sātu rīwāyāt, wā bārīk, tānpā āllāḥummā) ‘ālā Muḥāmmād wā ‘ālā ālī Muḥāmmād, kāmā bārāktā ‘ālā ībrāḥīm wā ‘ālā ālī ībrāḥīm, īnnāKā ḥāmīīdum Mājīd

Arti Terjemahan : Yā, Allah. Berīlāḥ (yāknī, tāmbāḥkānlāḥ) sḥalāwāt (sānjungān) kepādā Muḥammād dān kepādā keluārgā Muḥammād, sebāgaīmānā Engkāu telāḥ memberī sḥalāwāt kepādā ībrāḥīm dān kepādā keluārgā ībrāḥīm, sesungguḥnyā Engkāu Māḥa Terpujī (lāgī) Māḥa Mulīa. Yā, Allah. Berīlāḥ berkāḥ (tāmbāḥan kebaīkān) kepādā Muḥammād dān kepādā keluārgā Muḥammād, sebāgaīmānā Engkāu telāḥ memberī berkāḥ kepādā ībrāḥīm dān kepādā keluārgā ībrāḥīm, sesungguḥnyā Engkāu Māḥa Terpujī (lāgī) Māḥa Mulīa. (HR. Bukḥarī, Muslīm, serta laīnnyā. Līḥat sifat sholat nabi halaman : 165-166, ciptaan syaikh al albani, Māktābāḥ al ma’arif.)


Selain itu ada sholawat yang disyariatkan dalam bentuk yang pendek, yakni :

صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ

Latinyya : shalallahu ‘alaihi wa sallam

عَلَيْهِ الصّلاَةُ وَالسَّلاَمُ

Latinyya : ‘alaihish shalaatu was salaam

Dan kedua sholawat pendek diatas ada didalam kitab kitab hadits, dan selain ketiga sholwat tersebut masih banyak jenis sholawat yang sesuai syariat dan bisa sobat baca pada buku buku kitab hadits.

2. Sholawat Tidak Disyariatkan

Jenis sholawat apa yang dimaksudkan dalam perkara ini ?

Yakni jenis jenis sholawat yang bersumber dari hadits hadits lemah (dha’if), Hadits palsu (maudhu’), serta sholawat yang bersumber dari buatan manusia dan solawat yang ini jumlahnya ada banyak sekali.

Dalam berbagai surat dan ayat al quran telah disebutkan akan bahayanya jika kita beramal dengan amalan yang tidak sesuai dengan apa yang Allah Ta’ala kehendaki.

Karena amalan bid’ah itu adalah amalan yang sangat samar sekali, nampak seperti ibadah tapi sebenarnya bukan.

Sholawat nariyah sendiri tak sedikit yang mengamalkannya hanya berdasarkan perintah tokoh, namun tidak mencari dasar hukumnya yang benar benar kredibel serta kuat dari sisi dasar (sunnah) dan benar (fiqh).

Seperti halnya amalan membaca yasin dan tahlil yang diyakini akan mendatangkan sesuatu jika dibaca dengan jumlah tertentu, maka amalan seperti ini akan tertolak dan hanya mendatangkan bencana bagi pelakunya.

Semoga kita semua dilindungi dari berbuat atau mengamalkan amalan amalan yang tidak ada dalilnya.

Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini pada tema pembahasan Bacaan Sholawat Nariyah full atau lengkap, semoga bisa diambil ilmu yang bermanfaat didalamnya.

Tinggalkan komentar