Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 285-286 (Arab, Latin Dan Arti)

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 285-286 – 2 ayat terakhir ayat 285 dan 286 surah Al Baqarah beserta terjemahan dan mp3 ayat ini dan dilengkapi pembahasan kelebihan surah Al Baqarah 285-286 akan sobat dapatkan pada pembahasan kita kali ini.

Dalam surat Al Baqarah terdapat banyak ayat yang cukup terkenal di kalangan umat islam, seperti ayat kursi dan juga dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah. Untuk ayat kursi silahkan sobat download ayat kursi mp3 pada potingan kami yang lalu, Adapun ayat 285-286 juga termasuk kedalam jajaran ayat ayat ruqyah syariah yang sering dibaca oleh para peruqyah. Adapun keutamaan dari surat ini bisa kita pelajari sebagai berikut.

Keutamaan Surat Al Baqarah Ayat 285 dan 286

Barang siapa yang membaca surat Al Baqarah ayat 285-285 di waktu malam hari, maka Allah Ta’ala akan memberikannya kecukupan. Dan berikut ini dasar dalil dari hal tersebut,

Telah dikatakan dalam sebuah hadits, yakni dari Abu Mas’ud Al-Badri R.A, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya : “Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah (ayat 285 dan 286) di waktu malam, dia akan diberikan kecukupan.” (Hadits Riwayah Bukhari nomor : 5009 dan HR. Muslim nomor : 808)

Dari bunyi hadits di atas banyak tafsiran dari para ulama yang beragam, ada yang mengatakan bahwasannya seseorang yang membaca surat Al Baqarah ayat 285-286 akan diberikan kecukupan dunia dan akhirat, ada pula yang mengatakan seseorang yang membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah imannya akan selalu diperbaharui lantaran dalam dua ayat ini mengandung sikap pasrah kepada Allah Ta’ala, Dan masih banyak lagi penafsiran dari para ulama tentang makna Hadits keutamaan membaca surat Al Baqarah ayat 285-286 diatas. Untuk mendengarkan bacaan surat Al Baqarah, silahkan anda kunjungi postingan kami yang lalu berjudul download surat Al Baqarah.

Yang menjadi point penting dari banyaknya penafsiran para ahli ilmu (Ulama) adalah dalam 2 ayat terakhir surah Al Baqarah terdapat doa yang mencakup keselamatan dan kecukupan dunia dan akhirat jika kita amalkan. Namun akan tidak berarti jika kita hanya mengetahui tanpa adanya amalan dari hal tersebut, lalu seperti apa bacaan dua ayat terakhir surat Al Baqarah tersebut ?, berikut bacaan serta ulasan selengkapnya.

Surat Al Baqarah Ayat 285-286 Arab, Latin Dan Terjemahannya

 

Silahkan teman teman baca dan hafalkan 2 ayat mulia yang ada didalam surat Al Baqarah berikut ini.

 

آَمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آَمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ (285


” A MANARRASUULU BIMAA UNZILA ILAIHI MIN ROBBIHI WAL MU’MINUNA KULLU AMANA BILLAHI WAMALAA IKATIHI WAKUTUBIHI WARUSULIHI LA NUFARRIKU BAYNA AHADIN MIN RUSULIHI WAKULU SAMI’NAA WA ATHO’NAA GHUFRONAKA RABBANA WAILAIKAL MASYIIRU “

 

Terjemahannya : ” Rasul (Muhammad) telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, begitu pula dengan orang-orang yang beriman. Mereka semuanya beriman kepada Allah, para malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan juga rasul-rasul-Nya. (Mereka berucap): ‘Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, serta mereka berucap: “Kami dengar dan kami patuh.” (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan ,dan pada-Mu lah tempat kembali.”(Al Quran Surah Al Baqarah ayat 285)

 

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (286

” LAA YUKALLIFULLAHU NAFSAN ILLA WUS’AHAA LAHAA MAKASABAT WA ‘ALAIHAA MAKTASABAT RABBANAA LAA TUWAA KHIDNAA INNA SIINAA AU AKHTHO’NAA RABBANAA WALAA TAHMIL ‘ALAINAA ISRON KAMAA HAMALTAHU ‘ALALLADZINA MINKOBLINA RABBANAA WALAA TUHAMMILNAA MAA LAA THOO QOTALA NAA BIHI WA’FU ‘ANA WAKHFIRLANAA WARHAMNAA ANTA MAILAANAA FANSURNAA ‘ALAL QOUMIL KAAFIRIINA “

 

Terjemahannya : ” Allah tidak akan memberikan cobaan kepada seorang hambanya melainkan sesuai dengan kemampuan hamba tersebut. Dia mendapatkan pahala (dari amal kebajikan) yang telah dia usahakan dan dia mendapat siksa (dari amalan buruk) yang telah diperbuatnya. (Mereka berdoa): ” Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau jika kami bersalah. Ya Rabb kami, janganlah Engkau memberikan beban pada kami suatau beban yang berat seperti yang telah Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau memikulkan untuk kami apa yang tidak sanggup untuk kami memikulnya. Berilkan maaf-Mu pada kami, Berikan ampun-Mu pada kami, serta berikanlah rahmat untuk kami. Engkaulah Penolong kami, untuk itu tolonglah kami dari orang orang yang kafir .” (Al Quran Surah Al-Baqarah ayat 286)

 

Itu tadi bacaan surat Al Baqarah ayat 285-286 full yang bisa sobat hafalkan, kemudian untuk anda yang ingin mendengarkan murottal dari ayat diatas, berikut kami akan memberikan audionya untuk anda.

Murottal Surat Al Baqarah Ayat 285-286 Mp3

 

Silahkan teman teman putar atau download audionya berikut ini, Audio murottal berikut ini dibacakan oleh qori muda Indonesia yang bernama Muzammil Hasballah.

Mp3 Surat Al Baqarah Ayat 284-286 [Muzammil Hasballah] : Download

 

Baik, sampai disini dulu tema pembahasan kita kali ini, semoga kita bisa mengambil ilmu yang bermanfaat dari apa yang sudah kita baca, dan semoga kita bisa istiqomah dalam hal kebaikan.

Leave a Comment