Download Surat Al Baqarah Mp3 Full Ayat Suara Merdu

Download Surat Al Baqarah Mp3 –  Murottal atau ngaji surah Al Baqarah full ayat 1-286 dari para qori yang memiliki suara merdu saat tilawah Quran bisa teman teman download gratis.

Audio ini kami dedikasikan untuk sobat para penghafal Al Quran yang sedang mencari media referensi dalam murajaah hafalan Al Quran.

Namun untuk sobat muslim lainnya bisa menggunakan audio ini sebagai media referensi untuk ditirukan lagu membacanya.

Tak hanya surat ini kami juga memiliki rekomendasi surat untuk dijadikan referensi ketika murojaah hafalan atau dalam mengahafal yakni mp3 surat al anfal yang berasal dari murottal hani ar rifai atau surat surat panjang lainnya seperti mp3 surat al anam atau mp3 surat al mudatsir.

Dan selain membagikan murottal surat Al Baqarah, disini kami akan membagikan pokok pembahasan dari surat ini lengkap dengan data dari surat Al Baqarah. Baik, berikut ini pembahasannya.

Data Lengkap Surat Al Baqarah

– Arti Dari Surat Ini : Sapi Betina
– Julukan/Nama Lainnya : Fustatul Qur’an, Alif Lam Mim, az-Zahrawan, as-Sinam
– Klasifikasi Surat : Golongan Surat Madaniyah [Ayat Yang Ke-281 diturunkan di Kota Mina]
– Nomor Urut Surat : Surah ke-2
– Nomor Urut Juz : Terdapat di Juz 1 (ayat ke 1-141), Juz 2 (ayat ke 142-252), Juz 3 (ayat ke 253-286)
– Total ruku’ : Terdapat 40 ruku’
– Total ayat : Terdapat 286 ayat
– Total kata : Terdapat 6.221 kata
– Total huruf : Terdapat 25.500 huruf
– Surat Sebelumnya : Surat Al Fatihah
– Surat Setelahnya : Surat Al Imran

Surat Al Baqarah termasuk kedalam jajaran surat panjang di dalam Al Quran dan banyak di antara ayat ayatnya digunakan untuk terapai ruqyah baik dengan membaca ayat ayatnya atau dengan mendengarkannya sebagai mp3 ayat ruqyah.

Kemudian, surat ini diberi nama Al Baqarah karena didalamnya terdapat kisah dari bani israil yang diperintahkan untuk menyembelih sapi betina yang perintah tersebut terletak pada ayat yang ke 67 sampai 74.

Dalam surat ini terdapat ayat yang sangat mulia, yakni ayat kursi dan dua ayat terakhir tepatnya bacaan surat Al Baqarah ayat 285-286, keduanya juga termasuk kedalam jajaran ayat ayat ruqyah yang sering dibacakan oleh para peruqyah.

Untuk ayat kursi sendiri kami sudah pernah membuatkan postingan yang membahasnya, silahkan sobat pelajari di tema sebelumya yang berjudul “download ayat kursi“, didalamnya kami melengkapnya dengan beberapa keutamaan dari ayat tersebut.

Dan untuk surat Al Baqarah ayat 285-286, kami juga sudah pernah membuat sebuah postingan dengan judul “bacaan surat Al Baqarah ayat 285-286” silahkan sobat pelajari juga di sana. Untuk selanjutnya mari kita menuju pembahasan murottal surat Al Baqarah.

Mp3 Surat Al Baqarah

Disini kami akan membagaikan murottal dari puluhan Qori dengan suara merdu dan benar secara tartil dan tajwid, kami juga melengkapinya dengan pemutar suara yang memudahkan sobat dalam mencari murottal yang dicari atau yang diinginkan, berikut ini daftarnya.

Murottal Surat Al Baqarah
Qori [Link Download]Audio
Surat Al Baqarah Dan Artinya Mp3
Surat Al Baqarah Abdurrahman As Sudais
Surat Al Baqarah Abdallah Kamel
Surat Al Baqarah Abdurrahman Al Ausy
Surat Al Baqarah Aziz Alili
Surat Al Baqarah Hani Ar Rifai
Surat Al Baqarah Hatem Farid
Surat Al Baqarah Imad Al Mansary
Surat Al Baqarah Mustafa Raad Azzawi
Surat Al Baqarah Muhammad Ayyub
Surat Al Baqarah Nabil Ar Rifai
Surat Al Baqarah Nasser Al Qatami
Surat Al Baqarah Mishary Rashid Al Afasy
Surat Al Baqarah Saad Al Ghamidi
Surat Al Baqarah Sahl Yasin
Surat Al Baqarah Salah Al Hashim
Surat Al Baqarah Su’ud Asy Syuraim
Surat Al Baqarah Yasser Al Dosari
Surat Al Baqarah Yasser Al Qurashi

Itu tadi murottal dari surah Al Baqarah mp3 dari qori dewasa yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini.

Untuk selanjutnya mari kita menuju murottal suara anak berikut ini

Mp3 Surat Al Baqarah Versi Anak

Berikut ini beberapa audio murottal surat Al Baqarah versi suara anak yang bisa untuk sobat miliki.

Mp3 Surat Al Baqarah Versi Anak
Qori [Link Download]Audio
Surat Al Baqarah Muhammad Thaha : 255
Surat Al Baqarah Ahmad Misbahi

Itu tadi sobat muslim semuanya daftar murottal surat Al Baqarah yang bisa kami bagikan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah semangat sobat semua dalam belajar Al Quran.

Keutamaan Surat Al Baqarah

Ada banyak keutamaan dari surat Al Baqarah berdasarkan sumber hadits shohih yang ada.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi mengenai keutamaan dari surat Al Baqarah kepada sobat semua agar semakin termotivasi lagi untuk membaca Al Quran khususnya surah Al Baqarah atau mendengarkan mp3 Al Baqarah.

Keutamaan Surat Al Baqarah
Keutamaan Surat Al Baqarah

1. Surat Al Baqarah mendatangkan keberkahan

Surah ini jika kita rutin membacanya maka akan mendatangkan keberkahan untuk diri kita sendiri.

Tentunya keutamaan yang sebesar ini jangan kita lewatkan begitu saja, dan ciri seorang muslim yang baik adalah ketika mendapatkan suatu keilmuan maka ia akan langsung mempraktikannya.

Jadi setelah membaca tulisan ini silahkan sobat langsung mempraktikannya dirumah masing-masing.

Adapun dasar dalil atau hadits mengenai keutamaan surat Al Baqarah yang mendatangkan berkah adalah hadits riwayat Muslim nomor 804 berikut ini.

عَنْ أَبِيْ أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: اقْرَؤُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلا يَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ رواه مسلم

Terjemahannya : “Dari Abu Umâmah al-Bâhili R.A beliau mengatkan, “Aku telah mendengar Rasûlullâh S.A.W bersabda, ‘Bacalah surat al-Baqarah, sesungguhnya senantiasa membacanya akan mendatangkan keberkahan, sedangkan meninggalkannya (tidak pernah membacanya ) akan mendatangkan penyesalan, serta para penyihir tidak akan mampu melakukannya“.

Sudah sangat jelas sekali keutamaan yang disebutkan dalam hadits riwayat Imam Muslim diatas, tentunya kita bukan hanya sekedar membacanya, namun kita juga harus merenungkan akan makna dari surat Al Baqarah tersebut.

2. Menjaga rumah dari syaitan

Hadits berikut ini sudah sangat masyur (terkenal) dikalangan umat islam.

Seperti yang tertulis dalam kitab hadits riwayat muslim nomor 780 dan hadits riwayat At Tirmidzi 5/157 berikut ini.

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيْهِ سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ

Terjemahannya : “Janganlah engkau menjadikan kediamanmu (rumahmu) layaknya kuburan (maksudnya adalah tidak pernah ditegakkan shalat dan tilawah Qur’an di dalamnya), sungguh setan akan lari (keluar) dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat al-Baqarah.” (HR Muslim no. 780).

Kemudian dalam hadits lain yang di riwayatkan oleh at-Tirmidzi (5/157), yang mana hadits tersebut dishahihkan oleh Imam at-Tirmidzi dan Syaikh al-Albani menyebutkan yang artinya sebagai berikut.

Terjemahannya : “…Sungguh setan tidak akan bisa memasuki rumah yang di dalamnya dibacakan surat al-Baqarah“.(HR. at-Tirmidzi 5/157)

Dalam dua riwayat hadits diatas sudah sangat jelas sekali bahwasannya surat Al Baqarah merupakan surah dalam Al Quran yang memiliki keutamaan penjagaan terhadap rumah yang kita tinggali dari syaitan yang terkutuk.

Dan dari hadits riwayat muslim nomor 780 diatas merupakan sebuah teguran juga untuk kaum muslim yang menjadikan rumahnya hanya sebagai tempat tinggal tanpa pernah melakukan sholat dan tilawah (membaca) Al Quran didalamnya.

Dan hendaknya sebagai seorang muslim kita senantiasa menjadikan rumah kita sebagai taman-taman surga yang didalamnya diamalkan segala amalan terbaik sesuai sunnah.

3. Terdapat ayat ayat yang agung

Siapa yang tidak mengenal ayat kursi dan 2 ayat terahir dalam Al Quran.

Keduanya merupakan ayat ayat yang sangat populer dan terkenal serta banyak dihafalkan oleh umat islam.

Seperti halnya ayat kursi yang memiliki banyak keutamaan didalamnya.

Dan 2 ayat terakhir dalam Al Quran juga sangat banyak sekali keutamaannya.

Dan berikut ini sedikit ulasan mengenai keutamaan dari ayat kursi dan 2 ayat terakhir dalam Al Quran.

– Keutamaan Ayat Kursi (Al Baqarah : 255)

Ayat kursi adalah ayat yang paling agung didalam Al Quran.

Dasar dalilnya adalah hadits riwayat Imam Muslim nomor 810.

Dimana dalam hadits tersebut Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam bertanya kepada Ubay Bin Ka’ab atau Abul Mundzir menganai ayat yang paling agung dalam Al Quran.

Lalu Ubay Bin Ka’ab atau Abul Mundzir menjawab ayat kursi, dan Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam berkata kepada Ubay Bin Ka’ab “Demi Allah, semoga engkau berbahagia dengan ilmu tersebut wahai abul mundzir”.

Dalam hadits tersebut sudah sangat jelas sekali bahwasannya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam bukan hanya menjawab dengan perkataan “Benar, wahai abul mundzir” namun lebih indah jawaban dari Beliau Shallallahu’alaihi Wa Sallam untuk jawaban yang di berikan oleh Ubay Bin Ka’ab yang menunjukan keutamaan yang luar biasa dalam ayat kursi.

– Dua ayat terakhir Al Baqarah 285-286

Adapun keutamaan dari 2 ayat terakhir surat Al Baqarah tedapat dalam riwayat hadits al-Bukhari nomor 3786 dan riwayat Imam Muslim nomor 807 dan 808.

Berikut ini bunyi dari hadits tersebut.

الْآيَتَانِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مَنْ قَرَأَهُمَا فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Terjemahannya : “2 ayat terakhir surat al-Baqarah, siapa orangnya (muslim) yang membacanya (2 ayat terakhir surat Al Baqarah 285-286) pada saat malam hari maka 2 ayat itu akan mencukupi bagi dirinya (pembacanya)“.

Sudah sangat jelas sekali bunyi dari hadits diatas, lalu apa alasan untuk kita tidak membaca ayat kursi dan 2 ayat terakhir dalam surat Al Baqarah itu.

Tidak butuh waktu lama untuk membaca 2 ayat diatas, karena sangat pendek sekali ayatnya namun keutamaan yang besar akan kita dapatkan jika kita istiqomah dalam mengamalkannya.

Dan untuk memberikan semangat sobat dalam membaca surat Al Baqarah, salah satu caranya adalah memperbanyak mendengar mp3 murottal Al Baqarah dengan suara merdu.

Dengan begitu diri kita akan termotivasi untuk membaca surat Al Baqarah secara mendiri.

Selanjutnya mari kita pelajari juga beberapa tafsir dari surat Al Baqarah atau isi kandungan melalui tulisan singkat berikut ini.

Tafsir Surat Al-Baqarah dan Beberapa Fadhilahnya

Tafsir Surat Al-Baqarah dan Beberapa Fadhilahnya

Al-Qur’an merupakan sumber pedoman utama bagi umat Islam. Akan tetapi, memahami Al-Qur’an bukanlah hal yang mudah. Karena itu, orang Islam dianjurkan untuk mengikuti pendapat para ulama’ ahli tafsir. Terlebih, kitab suci ini mengandung banyak surat dan ayat.

Dari 114 surat di dalamnya, Al-Baqarah adalah surat di urutan awal yang terbilang panjang. Di dalam surat ini terdapat beragam ajaran penting bagi umat Muhammad SAW. Dengan demikian, hukum mempelajari tafsir surat Al-Baqarah adalah dianjurkan.

Sekilas Tentang Surat Al-Baqarah

Sekilas Tentang Surat Al-Baqarah

Al-Baqarah berasal dari Bahasa Arab yang artinya adalah “sapi betina”. Surat ini menempati urutan yang kedua dalam Al-Qur’an. Jumlah ayatnya mencapai 286. Lantaran hampir semua ayatnya turun di Madinah atau setelah Nabi hijrah, maka surat ini dikategorikan sebagai surat Madaniyah.

Surat Al-Baqarah menjadi surat yang terbanyak di dalam Al-Qur’an. Ini tidak hanya mencakup satu tema, namun berbagai tema. Mulai dari ibadah, muamalah, janji, ancaman dan lain-lain.

Menurut pandangan ulama, alasan surat ini dinamakan Al-Baqarah adalah adanya kisah penyembelihan terhadap sapi betina. Dimana, kejadikan ini adalah wujud perintah Allah kepada kaum Bani Israil kala itu. Adapun ayat yang berbicara tentang kisah ini adalah QS Al-Baqarah 67-74.

Berdasarkan pada beberapa kitab karangan ulama’, Surat Al-Baqarah juga memiliki nama lain, yaitu Fustatul Qur’an (puncak dari Al-Qur’an) dan Alif Lam Mim. Alasan dinamakan Fustatul Qur’an adalah adanya hukum-hukum tertentu yang tidak disebut dalam surat lain.

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 1-3

al baqarah 1-3

Lafadz Alif laam miim di ayat pertama Surat Al-Baqarah terdiri dari huruf-huruf terputus. Lafadz ini menurut pandangan ulama’ memiliki makna tersendiri. Yakni isyarat atas keagungan serta kemukjizatan di Kitab Suci Al-Qur’an.

Salah satu bentuk kemukjizatan Al-Qur’an adalah ketidak mampuan seseorang, khususnya kaum musyrik untuk membuat yang semisal dengannya. Sehingga, dalam Tafsir Al-Wajiz dijelaskan, meskipun Al-Qur’an terdiri dari susunan huruf Arab, penurut bahasa Arab yang paling fasih pun tidak bisa menandinginya.

Dari sini dapat dipahami bahwa penyusunan Alif laam miim memiliki hikmah dan tujuan tersendiri. Bahkan, Imam Al-Qurtubi, pengarah kitab tafsir Jaami’un li Ahkaam Al-Qur’an menegaskan bahwa Alif laam miim merupakan rahasia Allah.

Adapun yang dimaksud dengan dzaalika al-Kitab pada ayat dua adalah Al-Qur’an itu sendiri. Bahwa Kitab yang derajatnya tinggi ini benar-benar datang dari Allah tanpa keraguan apapun. Fungsinya sebagai petunjuk bagi orang yang bertaqwa.

Yang dimaksud dengan al-Muttaqin menurut Ibnu Abbas adalah orang yang memiliki rasa takut mendalam atas hukuman Allah. Salah satunya adalah hukuman lantaran meninggalkan petunjuk nyata sudah mereka ketahui.

Tidak adanya keraguan dalam Al-Qur’an tidak hanya dari segi proses turunnya, namun juga lafadz dan makna. Lebih jauh lagi, di dalam Tafsir al-Wajiz dijelaskan bahwa Al-Qur’an memberi hidayah kepada sekalian umat untuk taat perintah Allah, meninggalkan kemaksiatan dan menjauhi semua laranganNya.

Ayat ketiga dalam surat Al-Baqarah masih berkaitan dengan ayat sebelumnya. Yakni menjelaskan secara lebih dalam tentang apa makna Al-Muttaqin. Di antara kriteria orang yang bertaqwa adalah Dia yang beriman kepada hal gaib, melaksanakan shalat dan memberikan sebagian rizqi kepada yang lain.

Perkara yang gaib lebih merujuk kepada sesuatu yang tidak bisa ditangkap oleh akal dan panca indera. Misalnya iman kepada Allah, malaikat, surga, neraka dan apapun yang diberikan oleh Allah melalui RasulNya.

Sementara yang dimaksud dengan mendirikan sholat menurut Ibnu Abbas adalah sholat lima waktu yang hukumnya fardhu ‘ain. Adapun makna infaq dari ayat tersebut menurut Ibnu Jarir al-Thobari dalam tafsirnya adalah zakat dan sedekah.

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 4-6

al baqarah 4-6

Pada surat Al-Baqarah ayat 4 disebutkan lafadz maa unzila ilaika, maksudnya adalah Al-Qur’an dan semua yang diturunkan kepada umat seperti Al-Hikmah dan As-Sunnah. Sedangkan lafadz maa unzila min qoblika adalah apa yang diturunkan kepada Rasul sebelum Muhammad (Taurot, Zabur dan lainnya).

Ayat ke 4 surat ini masih turut menjelaskan karakteristik orang beriman. Lebih lanjut, orang beriman dari ayat ini adalah orang yang mempercayai adalah kehidupan setelah kematian. Termasuk di dalamnya hari perhitungan amal serta pembalasan amal.

Keimanan tersebut harus berasal dari hati kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana definisi iman yang selama ini dipahami.

Pada ayat 5 ditegaskan bahwa kriteria-kriteria yang telah disebutkan oleh ayat sebelumnya adalah golongan orang yang mendapatkan petunjuk Allah. Mereka juga orang-orang yang mendapat keberuntungan.

Dalam Tafsir Al-Muyassar disebutkan bahwa mereka adalah orang yang berada di atas cahaya Ilahi. Karena itulah, termasuk golongan orang beruntung serta berhasil mencapai cita-cita. Lebih jauh lagi, mereka adalah orang yang berhasil menjauhkan diri dari segala keburukan hingga selamat.

Pada intinya, orang yang memiliki sifat-sifat di atas akan mendapatkan kebahagiaan dan keberuntungan, baik di dunia ataupun di akhirat.

Berikutnya, pada Surat Al-Baqarah ayat 6 dijelaskan mengenai orang kafir. Inti dari ayat ini adalah tidak ada bedanya memberi peringatan ataupun tidak kepada mereka, karena mereka tidak akan pernah mau beriman.

Menurut Tafsir Al-Muyassar, orang-orang yang mengingkari apa-apa dari Allah lantaran kesombongan, mereka tidak akan pernah beriman. Hal ini lantaran mereka terlanjur berada dalam kebatilan. Sehingga, itu tidak akan berubah sekalipun Rasul memperingatkan mereka atas adanya sikses Allah.

Bahkan, di dalam Tafsir Al-Wajiz karya Muhammad Farid Wajdi ditegaskan bahwa mereka tidak akan membenarkan risalah Muhammad karena lebih mengikuti hawa nafsu.

Fadhilah atau Keutamaan Surat Al-Baqarah

Fadhilah atau Keutamaan Surat Al-Baqarah

Selain mengandung ajaran-ajaran yang mendalam, Surat Al-Baqarah juga memiliki keutamaan tersendiri. Hal ini dibuktikan dengan beberapa hadis Nabi. Berikut adalah beberapa keutamaannya:

  1. Mengandung Ayat yang Agung

Salah satu ayat yang fenomenal bagi umat Islam terdapat dalam Surat Al-Baqarah, yakni ayat Kursi. Ayat Kursi dikenal sebagai ayat yang agung, sehingga seseorang yang membacanya akan memperoleh keutamaan.

Mulai dari menjaga dari godaan syetan, menenangkan hati dan banyak lagi lainnya. Hal ini disebutkan dalam sebuah Hadis yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab.

  1. Menjauhkan Keluarga dari Keburukan

Keutamaan lain dari Surat Al-Baqarah adalah menjauhkan keluarga dan seisi rumah dari keburukan. Baik itu yang berhubungan dengan kesehatan, perlindungan harta benda, kebahagiaan, kemuliaan dan banyak lagi yang lainnya.

Keutamaan ini disebutkan secara jelas dalam sebuah Hadis yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, bahwa syaitan tidak akan dapat masuk ke dalam rumah yang dibacakan Surat Al-Baqarah.

  1. Memperoleh Banyak Manfaat dan Kemudahan

Setiap orang pasti ingin dimudahkan segala urusannya. Salah satu resepnya adalah dengan rajin membaca Surat Al-Baqarah, khususnya dua ayat yang terakhir. Selain dimudahkan segala urusannya, seseorang juga akan mendapatkan banyak kemanfaatan yang tidak disangka-sangka.

Hal ini disebutkan di dalam Hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Mas’ud al-Badri.

Ada beragam pandangan ulama atau mufassir (ahli tafsir) mengenai tafsir Surat Al-Baqarah. Untuk dapat memahami maksud surat ini secara sempurna, Anda harus lebih banyak membaca dan mengeksplorasi atau ngaji bersama ustadz maupun ulama ahli tafsir.

Sekian perjumpaan kali ini semoga bisa diambil ilmu yang bermanfaat didalamnya, wallahu a’lam bishawab.

Satu pemikiran pada “Download Surat Al Baqarah Mp3 Full Ayat Suara Merdu”

Tinggalkan komentar