Download Ayat Kursi Mp3 Suara Merdu Terbaik

Download Ayat Kursi Mp3 – Murotttal ayat kursi full suara merdu dari qori pria dan wanita seperti Muzammil dll dengan lagu qiroah yang khas bisa sobat download gratis dan mudah di islamiques. Selain membagikan audio murottal ayat kursi ini, kami juga akan memberikan teks bacaan ayat kursi lengkap arti dan terjemahannya kepada teman teman semuanya.

Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang cukup terkenal, ayat ini terdapat pada surat Al Baqarah ayat 255. Selain ayat kursi, dalam surat Al Baqarah terdapat ayat lainnya yang cukup terkenal juga yakni surat Al Baqarah ayat 285-286.

Kenapa surat Al Baqarah ayat 255 disebut ayat kursi ? karena didalam ayat ini menyebutkan tentang kursi atau singgasana Allah Ta’ala yang meliputi langit dan bumi. Untuk mendengarkan secara online surat Al Baqarah, silahkan sobat kunjungi postingan kami dengan judul “download surat Al Baqarah  Mp3“.

Adapun keutamaan dari ayat kursi itu ada banyak sekali dianataranya adalah sebagai berikut :

  • Ayat kursi adalah ayat yang paling agung di dalam Al Quran dibanding ayat yang lainnya.[HR.Muslim]
  • Ayat Kursi memilki keagungaan yang agungnya melebihi langit dan bumi. [HR. At Tirmidzi]
  • Ayat Kursi adalah amalan dzikir sebelum tidur dengan segala keutamaannya. [HR. Al Bukhari]
  • Ayat Kursi menjadi salah satu sebab bagi seseorang itu masuk kedalam surga. [HR. An Nasa’i di shahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Dan masih banyak lagi keutamaan keutamaan yang lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu dalam pembahasan tema kita kali ini.

Secara lebih terperinci mari kita bahas  4 keutamaan yang sudah disebutkan diatas.

Agar sobat semuanya semakin semangat untuk menghafalkan serta membaca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari.

Pelajari juga bacaan dari ayat yang paling agung diatas dengan menghafal bacaannya, berikut ini bacaan ayat kursi lengkap dengan arti dan terjemahannya serta uraian ringkas dari keutamaan ayat kursi.

Bacaan Ayat Kursi Dan Terjemahannya

Bacaan Ayat Kursi Dan Terjemahannya

Untuk sobat yang belum hafal bacaan ayat kursi, berikut ini kami akan membagikan tulisan arab dan terjemahan dari surat Al Baqarah ayat 255 (ayat kursi), berikut teksnya.

 

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

– Tulisan Latin Ayat Kursi

ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU LAA TA’KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUMU LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI MAN DZAL LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI YA’LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN ‘ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A WASI’A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL AZHIIM

– Terjemahan Ayat Kursi

Artinya : “Allah, tiada Tuhan yang berhak untuk di ibadahi selain Dia Yang Hidup kekal dan terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tiada pernah mengantuk dan tiada pernah tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan yang ada di bumi. Tidak ada yang bisa memberikan syafa’at di sisi-Nya tanpa izin dari-Nya? Allah tahu apa-apa yang ada di hadapan mereka dan apa apa yang ada di belakang mereka, dan mereka tiada mengetahui apa-apa dari pada ilmu Allah selain dari apa yang dikehendaki oleh-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tiada pernah merasa berat untuk memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar” [QS. Al Baqarah :255]

Keutamaan Ayat Kursi Berdasarkan Dalil Shahih

Berikut ini beberapa keutamaan yang bisa sobat pelajari satu persatu guna menambah keilmuan atau pengetahuan ilmu agama kita semuanya.

Baik, berikut ulasannya.

Keutamaan Ayat Kursi
Keutamaan Ayat Kursi

1. Ayat yang paling agung di Al Quran [HR.Muslim]

Dalam redaksi hadits riwayat muslim yang menyatakan ayat kursi merupakan ayat yang paling agung di Al Quran yakni dalam hadits tersebut terdapat kisah dari Nabi Shallallahu’alihi Wa Sallam yang bertanya kepada Ubay Bin Ka’ab mengenai ayat yang paling agung.

Dalam hadits tersebut Ubat menjawab pertanyaan Nabi Shallallahu’alihi Wa Sallam dengan jawaban “Ayat Kursi”, lalu Nabi Shallallahu’alihi Wa Sallam berkata kepada Ubay “Hai Abu Mundzir, semoga dirimu berbahagia bersama ilmu yang dirimu punyai.

Kenapa ayat kursi itu dikatakan paling agung ?

Karena didalam ayat tersebut terdapat 2 Asmaul Husna yakni “Al-Hayyum” dan “Al-Qayyum“.

Namun terjadi khilafiah diantara ulama mengenai manakah Asmaul Husna yang paling agung tersebut.

2. Ayat kursi agungnya melebihi langit dan bumi. [HR. At Tirmidzi]

Dasar dari point kedua ini adalah Sabda Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam berikut ini. “Allah tidak menciptakan langit dan juga menciptakan bumi yang agungnya tidak melebihi Ayat Kursi (karena ayat didalamnya menyebutkan Nama dan Sifat Allah)“.

Dan menurut Sufyan Ats-Tsauri kenapa ayat kursi itu paling agung ? karena ayat kursi adalah perkataan Allah (Kallamullah) dan perkataan Allah itu terhitung lebih agung dari pada langit dan juga bumi yang telah Allah ciptakan.

3. Ayat Kursi adalah amalan dzikir sebelum tidur [HR. Al Bukhari]

Terdapat hadits yang menyebutkan tentang keutamaan ayat kursi jika dibaca sebelum tidur.

Keutamaannya adalah Allah akan menjaga seseorang yang berdzikir dengan ayat kursi sebelum tidur dari gangguan setan sampai pagi hari (bangun tidur).

Adapun bunyi dalilnya adalah sebagai berikut.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Jika kamu hendak menuju ketempat tidurmu (pada saat malam hari), maka bacakanlah Ayat Kursi, dan Allah akan menurunkan penjagaannya kepadamu sampai-sampai setan tidak bisa mendekatimu sampai dengan waktu pagi tiba“.(HR. Al-Bukhari).

4. Ayat Kursi menjadi salah satu sebab bagi seseorang itu masuk kedalam surga. [HR. An Nasa’i]

Dalam riwayat hadits An Nasa’i ini menurut Syaikh Al Albani derajatnya Shahih.

Berikut ini bunyi hadits yang mengatakan membaca ayat kursi menjadi penyebab seseorang masuk kedalam surga.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Siapa orangnya yang membaca Ayat Kursi seusai mengerjakan shalat, maka tiada yang menghalangi dirinya untuk masuk kedalam surga melainkan kematian” (HR. An Nasa-i, Dan Syaikh Al-Albani menshahihkan hadits ini).

Hadits diatas sudah sangat terkenal dikalangan umat islam, sehingga tidak ada alasan bagi diri kita untuk tidak mengamalkan (membaca) ayat kursi sebagai bacaan dzikir setelah sholat.

Karena keutamaannya yang sangat luar biasa dan sangat besar, amat merugi jika kita meniggalkannya begitu saja.

Untuk murottal surat surat lain misalnya saja mp3 surat at takasur, mp3 surat al lail, mp3 surat al adiyat silahkan cari kolom pencarian dengan mengetikan nama surat.

Sedikit tips untuk sobat yang hendak menghafal menggunakan audio, maka silahkan anda pilih murottal dari qori yang memiliki tempo pelan saat ngaji seperti contoh murottal imad al mansary, al afasy dll.

Dan untuk selanjutnya mari kita menuju daftar murottal ayat kursi mp3 suara merdu dari qori qori pilihan kami, berikut ini daftarnya.

Murottal Ayat Kursi Mp3 Suara Merdu

Berikut ini adalah daftar murottal ayat kursi mp3 yang bisa sobat putar (streaming) dan download, silahkan sobat putar lalu download audionya.

> Murottal Ayat Kursi Mp3 Muzammil Hasballah

 

> Download Ayat Kursi By Muhammad Thaha

 

> Download Ayat Kursi By Salah Abdurrahman Al Bukhatir

 

> Download Ayat Kursi By Salah Bin Muhammad Al Budair

 

> Download Ayat Kursi By Saud Ash Shuraim

 

> Murottal Ayat Kursi By Abdul Basit ‘Abdus Samad

 

> Murottal Ayat Kursi By Abdullah Ali Jaabir

 

> Murottal Ayat Kursi By Abdullah Basfar

 

> Murottal Ayat Kursi By Abdullah Matroud

 

> Mp3 Ayat Kursi By Abdurrahman As Sudais

 

> Mp3 Ayat Kursi By Abu Bakar As Shatri

 

> Mp3 Ayat Kursi By Ahmad bin Ali Al Ajmi

 

> Mp3 Ayat Kursi By Ahmed Naina

 

> Tilawah Ayat Kursi By Akram Al Alaqimy

 

> Tilawah Ayat Kursi By Ali Abdurrahman Al Hudzaify

 

> Tilawah Ayat Kursi By Ali Hajjaj As Suwaisy

 

> Tilawah Ayat Kursi By Aziz Alili

 

> Audio Ayat Kursi By Fares Abbad

 

> Audio Ayat Kursi By Hani Ar Rifai

 

> Audio Ayat Kursi By Khalifa Al Tunaiji

 

> Audio Ayat Kursi By Maher bin Hamad Al Mueaqly

 

> Bacaan Ayat Kursi By Mahmoud Khalil Al Hussary

 

> Bacaan Ayat Kursi By Mishari Rashid Al ‘Afasy

 

> Bacaan Ayat Kursi By Mohammad Al Tablaway

 

> Bacaan Ayat Kursi By Muhammad Abdul Kareem

 

> Qiroah Ayat Kursi By Muhammad Ayyub

 

> Qiroah Ayat Kursi By Muhammad Jibreel

 

> Qiroah Ayat Kursi By Muhammad Siddiq Al Minshawi

 

> Qiroah Ayat Kursi By Mustafa Ismail

 

> Ayat Kursi Merdu By Saad Al Ghamdi

 

> Ayat Kursi Merdu By Sahl Yassin

 

> Ayat Kursi Merdu By Yasser Al Dossari

 

> Ayat Kursi Merdu By Yasser Salamah

Itu tadi daftar murottal ayat kursi mp3 yang bisa kami bagikan pada kesemptan kali ini.

Semoga kita bisa istiqomah dalam mengamalkan bacaan ayat kursi ini dalam kehidupan sehari hari, dan semoga bisa mempermudah sobat muslim dalam mempelajari syariat agama islam.

Selanjutnya mari kita pelajari sedikit tentang ayat kursi melalui penjelasan singkat berikut ini.

Tanamkan Rasa Iman dan Cinta Kepada Allah SWT Melalui Tafsir Ayat Kursi

Tanamkan Rasa Iman dan Cinta Kepada Allah SWT

Rasa taqwa dan cinta kepada Allah SWT merupakan hal penting dan perlu ditanamkan dalam diri seorang muslim. Namun, sebagai manusia kadang iman bisa naik bahkan turun. Untuk meningkatkannya, Anda dapat membaca dan mengkaji tafsir ayat kursi yang memiliki banyak intisari tentang kehidupan.

Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Ayat Kursi merupakan bagian dari surat Al Baqarah ayat 255 yang memiliki keutamaan luar biasa, terutama bagi pembacanya. Dalam kandungnya terdapat penjelasan kalimat tauhid yang dijadikan pedoman dan pegangan hidup umat muslim agar tidak terjerumus ke jalan menyesatkan.

Keutamaan lain ayat kursi merupakan salah satu bacaan dzikir. Ini disunnahkan dan dibaca sebelum tidur agar terjaga dan dilindungi Allah, hingga pagi tiba dari gangguan syaitan sesuai dengan sabda Rasulullah yang diriwayatkan dalam hadist Al-Bukhari.

Bagi seorang muslim yang istiqomah membaca amalan ini setelah shalat, akan mendapat kemuliaan untuk masuk surga. Hal ini juga sesuai dengan sabda Rasulullah yang menerangkan bahwa ayat kursi merupakan perantara yang driwayatkan dalam hadist An-Nasai.

Manfaat Ayat Kursi

Selain memiliki keutamaan yang luar biasa, ayat kursi juga membawa banyak manfaat bagi pembacanya. Salah satunya yakni mendapat perlindungan Allah. Jika seseorang hendak berpergian dan membacanya sebelum berangkat, maka orang tersebut akan terbebas dari musibah dan bencana sampai tujuan.

Bagi siapa yang rajin mengamalkannya, akan dibukakan dan ditambah rejekinya menjadi lebih banyak. Allah juga akan mencintai dan menyayangi hambanya layaknya seperti Rasulullah. Selain itu, akan dijauhkan dari segala kejahatan jika dibaca pada hari jumat sebanyak 12 kali.

Manfaat lain jika istiqomah membaca dan mengamalkan ayat kursi akan membuat pembacanya lebih pintar, karena otak dan akal menjadi lebih mudah mempelajari, memahami dan mencerna suatu pengetahuan baru.

Tafsir Ayat Kursi

Tafsir Ayat Kursi

Perlu diketahui, bahwa setiap ayat dalam Al-Qu’ran memiliki keutamaan baik dari keindahan, makna bahkan keserasian bahasanya. Kini banyak orang telah mempelajari dan mengkajinya. Namun, khusus dalam artikel ini akan membahas tentang tafsir ayat kursi, penjelasannya sebagai berikut:

  1. Ayat Kursi Adalah Inti dari Al-Qu’ran

Ayat kursi merupakan bagian dari surat Al-Baqarah dan menjadi inti dari Al-Qu’ran. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari Abu Hurairah dalam sebuah hadist.

Ayat ini juga memiliki kemulian yang paling utama, sehingga disebut sebagai sayyidah Al-Qur’an. Sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah dalam hadist riwayat Imam Abu Daud bahwa ayat kursi menduduki posisi teragung.

Hal sama juga diungkapkan oleh Syekh Muhammad Al-Amin bin Abdullah dalam tafsirnya Hadaiq Al-Ruh wa Al-Rayhan, bahwa ulama sepakat mengapa ayat kursi menjadi paling agung, karena berkaitan dengan kandungan serta pahala bagi pembacanya.

  1. Mengandung Penjelasan Tentang Keagungan dan Kekuasaan Allah SWT

Ayat kursi ini mengandung asmaul husna.  Abu Bakar Al-Jazairi merincikan terdapat 18 nama Allah SWT secara jelas maupun tersirat di dalamnya, yang terdiri dari 50 kata dan 10 kalimat. Dari kesemuanya membahas tentang sifat yang menunjukkan kesempurnaan.

Ayat ini dimulai dengan adanya pemberitahuan tentang keesaan Allah SWT. Dia mengatur segala sesuatu yang ada di langit bumi dan penguasa seluruh alam semesta, juga bebas berkehendak atas makhluknya.

Makna dari ayat ini menurut Sayid Quth dalam tafsirnya yang berjudul Fi Zilalil Quran, memaparkan bahwa ayat kursi identik dengan kekuasaan yang sempurna milik Allah SWT. Pada akhir surat Al-Baqarah ayat 255 juga ditutup dengan dua sifat agung yaitu Maha Tinggi lagi Maha Besar.

  1. Dalam Ayat Kursi Ditegaskan Tentang Tauhid

Ayat kursi ini kental dengan aqidah, dimana di dalamnya dibahas dan terdapat penetapan tiga macam tauhid, yaitu uluhiyah, rububiyah dan asma’ wa shifat. Sudah selayaknya bagi seorang muslim untuk mengkajinya dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tauhid ini mengajarkan kepada manusia bahwa hanya Allah SWT yang patut disembah. Selain itu, jika direnungkan kembali, nilai tersebut sangat penting ditanamkan dalam diri karena sifatnya yang prinsipil dan berada dalam hati manusia.

Pengetahuan dan pemahaman seseorang tentang ilmu tauhid berkaitan dengan komitmennya terhadap akidah, biasanya akan diimplementasikan dalam bentuk perilaku, moral  dan visi dalam hidup.

  1. Ditegaskan Bahwa Allah Pemilik Syafaat

Disalah satu potongan dalam ayat kursi ditegaskan bahwa tidak ada yang dapat memberi syafaat tanpa seizin Allah SWT. Pertolongan yang dimaksud terbagi dalam dua hal yaitu berkaitan dengan duniawi dan alam akhirat berupa ampunan.

Ayat kursi ini membebaskan umat muslim dari kungkungan harapan kepada makhluk. Karena pada hakikatnya Allah yang menggerakkan segala sesuatunya. Pada penggalan terakhir juga dijelaskan bahwa di hari akhir ada orang-orang yang diberi izin agar mendapat syafaat-Nya.

Selain itu, juga menjadi jawaban bagi orang-orang musyrik dan bagi mereka yang mengingkari hari akhir.  Dalam surat Al-Baqarah ayat 255 ini, Allah SWT jelas-jelas menegaskan bahwa tidak ada yang mampu memberikan syafaat selain-Nya.

  1. Ayat Kursi Menegaskan Bahwa Allah Dzat yang Maha Mengetahui

Pada penggalan ayat kursi ini dijelaskan bahwa Allah SWT Maha Mengetahui segala sesuatu. Baik yang ada di hadapan ataupun belakang manusia. Hal ini diartikan secara majazi, sebagai masa depan dan lalu. Agar semua umat menyembah dan meningkatkan keimanan kepada Allah semata.

Hal ini jelas berbeda dengan manusia, dimana pada hakikatnya mereka tidak memiliki dan mengetahui apapun kecuali atas kehendak Allah SWT. Semua pengetahuan dan ilmu sesungguhnya hanya milik-Nya. Lantas apa yang membuat banyak manusia merasa sombong?

Tidak perlu diragukan lagi bahwa Allah mampu mengetahui apapun yang dilakukan manusia, meskipun secara sembunyi-sembunyi. Semua penjelasan ini jika dikaji lebih mendalam akan merujuk ke pembelajaran tauhid dan penting ditanamkan dalam diri seorang muslim.

  1. Ayat Ini Menjelaskan Tentang Kesempurnaan Allah SWT

Dalam penggalan atau potongan ayat kursi terdapat arti kata bahwa tidak mengantuk dan tidak tidur. Hal ini ditafsirkan tentang bukti kesempurnaan. Karena Allah SWT tidak memiliki kekurangan, kelalaian, bahkan kelupaan untuk mengurus makhluknya.

Hal ini sejalan dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang menyatakan “sesungguhnya Allah tidak tidur” yang diriwayatkan dalam hadist Muslim nomor 179. Kondisi ini menjadi bukti kesempurnaan dari sifat-sifat-Nya.

Bukti lain, bahkan Allah tidak pernah merasa berat untuk mengurus alam semesta beserta makhluk di dalamnya. Hal ini hanya mampu dilakukan oleh Dzat yang memiliki kesempurnaan. Sebagai umat muslim Kita wajib mengimani hal ini, tanpa perlu adanya keraguan sedikitpun.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat dan keutamaan pentingnya membaca dan mengkaji tafsir ayat kursi. Hal ini dapat meningkatkan rasa iman serta taqwa sebagai umat muslim kepada keagungan Allah SWT. Semoga banyak pelajaran positif yang dapat dipetik untuk kehidupan lebih baik.

Terimakasih dan sekali lagi kami nasihatkan agar bersabar dalam mempelajari ayat kursi ini, Wallahu A’lam Bishawab.

Tinggalkan komentar