Bacaan Doa Selamat Dan Keutamaan [Lengkap]

Kumpulan teks bacaan doa selamat atau meminta keselamatan dunia dan akhirat lengkap tulisan arab, huruf latin serta arti atau terjemahan bahasa indonesia baik lafadz panjang atau pendek (singkat) bisa menjadi referensi hafalan doa harian (doa sehari hari) dan sebagai bacaan dzikir harian sobat.

Setiap orang yang beriman (islam) dan yang masih hidup pasti ingin dilindungi Allah dari segala bentuk kejelekan, bala’ (musibah) serta hal hal yang tidak disukai oleh manusia.

Perlindungan Allah itu akan turun jika kita mohon atau minta kepada Allah melalui do’a, tak hanya kebaikan dunia yang bisa kita panjatkan, kita bisa memanjatkan macam macam doa.

Seperti doa agar kita mendapat ampunan, kesejahteraan, keberkahan, bahagia, kesehatan baik itu untuk diri sendiri, keluarga atau umat islam secara umum.

Jika kita berdoa kepada Allah Ta’ala hendaklah menanamkan rasa keyakinan yang penuh bahwasannya Allah akan mengijabah doa yang kita panjatkan.

Berikut ini salah satu dalil yang menyebutkan bahwasannya doa seorang hamba itu akan dikabulkan, Dari Abu Hurairah R.A, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah berkata,

ادْعُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لاَهٍ

Arti Terjemahan : “Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin (do’a) mu akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwasannya Allah takan mengabulkan doa dari hati-hati yang lalai.” (Hadits Riwayat At-Tirmidzi nomor 3479. Dan hadits ini dinyatakan hasan oleh Syaikh Al Albani).

Konsep supaya selalu sukses dalam berdoa ada banyak sekali, namun salah satunya sudah ada dalam lafadz atau tulisan hadits diatas.

Perlu kita pahami bersama bahwasnanya doa itu ada yang tertunda dan ada pula yang langsung dikabulkan.

Yang harus kita yakini atau kita jadikan pedoman utama adalah “Allah pasti memberikan yang terbaik untuk hambanya”, dan kita juga harus yakin bahwasannya Allah Ta’ala itu sangat dekat dengan hambanya.

Sobat bisa merenungkan Al Quran surat Al baqarah ayat 186 yang menjelaskan bahwasannya Allah itu dekat dan akan mengabulkan doa hamba hambanya yang menjalankan segala perintah-Nya.

Dan berikut ini beberapa bacaan doa selamat yang bisa sobat panjatkan.

Macam Macam Doa Selamat Dunia Dan Akhirat

Macam Macam Doa Selamat Dunia Dan Akhirat

Kali ini kami akan membagikan beberapa bacaan doa selamat panjang dan yang ringkas, silahkan sobat simak satu persatu dari jenis jenis doa selamat berikut ini.

– Doa selamat 1

Bacaan Doa Selamat Dunia Dan Akhirat

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ROBBāNāā āāTīNāā FīD DUN-Yāā HāSāNāH, Wā FīL āāKHīROTī HāSāNāH, Wā QīNāā ‘āDZāāBāN NāāR.

Arti Terjemahannya : Ya Allah, berilah kami akan kebaikan di dunia, dan berilah pula kami kebaikan di akhirat, serta berilah perlindungan-Mu atas kami dari siksa api neraka. (QS. Al-Baqarah: 201) [Hadits Riwayat Muslim, nomor 2690; Bukhari, 8:187-188]

Ibnu Hajar R.A menyebutkan, “Tidaklah seorang nabi/rasul atau orang-orang yang sholih berdoa melainkan mereka menggunakan doa ini.” (Fath Al-Bari, 2:322)

Doa diatas juga sering disebut dengan doa sapu jagad atau doa tolak bala.

– Doa selamat 2

Dzikir ini dikenal dengan doa saat safar atau bepergian, dan bisa untuk sobat amalkan supaya safar menjadi lebih berkah:

Jika sobat sudah di atas kendaraan dan siap untuk safar, hendaklah mengucapkan,

3x اَللّهُ اَكْبَرُ

Allahu akbar 3x

Arti Terjemahannnya : “Allah Maha Besar” 3x

Sehabis itu membaca doa saat safar berikut :

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamun-qolibuun[1]. Allahumma innaa nas’aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Arti Terjemahannya : “Mahasuci Allah yang sudah menundukkan bagi kami kendaraan ini, yang pada kami tak memiliki kemampuan untuk melakukannya sebelumnya, dan sungguh hanya kepada Tuhan kami, kami akan dikembalikan. Ya Allah, sungguh kami mohon kepada-Mu akan kebaikan, taqwa serta amal yang-Kau ridhai dalam safar kami ini. Ya Allah mudahkanlah safar (perjalanan) kami ini, dekatkanlah untuk kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah pendamping dalam safar (perjalanan) dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari segala kesukaran dalam perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, serta pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga”. [Hadits Riwayat Muslim nomor 1342, dari ‘Abdullah bin ‘Umar R.A]

Manfaat doa selamat dari perjalanan ini secara keseluruhan memohon agar kita sampai tujuan dengan selamat dan penuh dengan keberkahan dalam safar yang dilakukan.

– Doa Selamat 3

Doa berikut merupakan kutipan dari al-Imam An-Nawawi dalam buku al-Azkar melalui hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmizi dari Abu Umamah.

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ مِنْهُ نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا اسْتَعَاذَ مِنْهُ نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَنْتَ المُسْتَعَانُ، وَعَلَيْكَ البَلَاغُ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

āllāḥummā īnnā ās-ālukā mīn kḥoīri mā sā-ālākā mīnḥu nābiyyukā muḥāmmādun sḥollāllāḥu ‘ālāīḥī wā sāllāmā wā nā’uzu bīkā mīn syārrī mās tā’āzākā minḥu nābīyyukā muḥāmmādun sḥāllāllāḥu ‘ālāīḥī wā sāllāmā wā āntāl mustā’ānu wā ‘ālāikāl bālāgḥu wālā ḥāwlā wālā quwwātā īllā bīllāḥī.

Arti Terjemahannya : “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepadaMu sebaik-baik apa yang pernah diminta oleh NabiMu Muhammad saw, dan kami berlindung kepadaMu dari marabahaya yang NabiMu Muhammad saw pernah berlindung kepadaMu darinya, Engkaulah tempat meminta pertolongan dan Engkau pula yang menyampaikan, tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolonganMu.”

– Doa Selamat 4

Naskah doa berikut ini biasanya dibacakan ketika sedang syukuran,  setelah tahlil dan dalam acara kenduri (bancaan).

Sebagai bentuk doa selamat untuk keluarga sohibul bait yang sedang berhajat, dan berikut ini lafadz doanya.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ
وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ
رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ
رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

āllOOḥUmmā īNNaā Nās-ālUkā sālaāMāTāN fīD DīīNī Wā ‘aāfīYāTāN fīl JāsāDī Wā ZīYaāDāTāN fīl ‘īlMi Wā BāROkāTāN fīR RīZQī Wā TāUBāTāN QOBlāl MāUTī Wā ROḥMāTāN ‘īNDāl MāUTī Wā MāGḥfīROTāN Bā’Dāl MāUTī.
āllOOḥUmmā ḥāwwīN ‘ālāīNaā fīī sākāRaāTīl MāUTī WāNNāJaāTā MiNāN NaāRī Wāl ‘āfWā ‘īNDāl ḥīsaāBī.
RāBBāNaā laā TUZīGḥ QUlUUBāNaā Bā’Dā īDZ ḥāDāīTāNaā WāḥāB lāNaā Mil lāDUNkā RāḥMā, īNNākā āNTāl WāḥḥaāB.
RāBBāNaā aāTīNaā fīDDUNNYaā ḥāsāNāḥ, Wā fīl aākḥīRāTī ḥāsāNāḥ, WāQīNaā ‘āDZaā BāN NaāR.

Arti terjemahannya : “Ya Allah kami minta pada Engkau akan keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan (kesegaran) pada tubuh dan tambahan ilmu, serta keberkahan akan rezeki, dan taubat sebelum mati dan rahmat di saat kematian datang, dan pengampunan setelah kematian. Ya Allah, mudahkanlah atas kami ketika sakarul maut (pencabutan nyawa), selamatkan kami dari api neraka serta mendapat ampunanmu saat amal diperhitungkan. Ya Allah, jangan Engkau palingkan hati kami setelah Engkau memberikan petunjuk dan curahkanlah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau adalah Zat Yang Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan di akhirat, serta peliharalah (lindungi) kami dari siksa api neraka”.

Adapun dasar dalil dari doa yang ke 4 ini kami belum bisa menyebutkannya.

Download Doa Selamat

Berikut ini mp3 bacaan doa selamat yang bisa kami bagikan kepada sobat semuanya, silahkan sobat download doa selamat berikut ini.

Doa Selamat Saat Bepergian

 

Doa apabila merasa takut dan keselamatan

 

Doa perlindungan atau keselamatan untuk anak

Itu tadi salah satu doa selamat yang ada dalam kitab “Hishnul Muslim min Adzkaril Kitabi Was Sunnah” (doa muslim yang berdasarkan al quran dan sunnah).

Vidio Youtube Doa Selamat Dunia Khirat

Selanjutnya mari kita lihat vidio youtube doa sapu jagad dibawah ini lengkap dengan penjelasan dasar dalil doa dan juga keutamaan keutamaan doanya.

Itu tadi sedikit penjelasan dari vidio diatas kiranya bisa menambah sedikit ilmu dan bisa untuk kita jadikan amalan harian.

Bagi sobat yang ingin mendapatkan e-book doa harian seperti doa selamat, doa setelah sholat wajib, doa setelah adzan, doa mandi wajib dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini file PDF dari buku tersebut.

Download Pdf doa sehari hari (hisnul muslim).

Judul : Doa Dan Dzikir PDF
Type File : Rar compression
Ukuran : 16.4 Mb
Jumlah : 118 Hal.
Link : Download

Nah itu tadi teman teman semuanya file lengkap dari doa selamat, untuk selanjutnya mari kita belajar tentang keutmaan keutamaan dari berdoa.

Berikut ulasan singkatnya.

Keutamaan Doa Selamat

Keutamaan Doa Selamat

Ada beberapa manfaat dari doa selamat, dan ini berlaku bukan hanya untuk doa selamat namun untuk semua jenis bacaan doa.

Berikut keutamaan doa secara umum :

1. Doa merupakan bentuk ibadah seorang hamba kepada Penciptanya.
2. Doa adalah salah satu perkara yang bisa mencegah bencana atau bala.
3. Doa mampu menguatkan seseorang ketika menghadapi musuhnya dan akan turun pertolongan Allah.
4. Dengan berdoa maka seseorang itu telah membuktikan salah satu wujud keimanannya.
5. Dengan Berdoa, seseorang itu telah membuktikan sifat tawakal seorang hamba atas Rabb nya.
6. Doa merupakan salah satu peredam akan murka Allah Azza Wa Jalla.

Keutamaan keutamaan diatas akan didapatkan oleh seorang hamba jika ia benar dalam berdoa.

Dan hendaknya seseorang itu ketika berdoa harus memiliki adab yang baik, untuk itu berikut ini ulasan tentang adab adab yang harus dilakukan seorang hamba ketika berdoa.

Adab Adab Dalam Berdoa

Adab Adab Dalam Berdoa

Awal sebelum kita membaca bacaan sebelum doa selamat, akan lebih utama jika kita memenuhi adab dalam berdoa, antara lain sebagai berikut.

1. Memuji Allah lalu membaca sholawat nabi

[HR. at-Tirmidzi nomor 3476 dan Abu Dawud nomor 1481. Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani R.A mensahihkan hadits ini dalam kitab Shahiihul Jaami’ nomor 3988].

2. Berprasangka yang baik kepada Allah (Husnuzan).

HR. at-Tirmidzi dalam Sunannya nomor 3479. Syaikh al-Albani R.A menghasankan hadits ini dalam kitab Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah nomor 594.

3. Menyadari akan dosa yang telah diperbuat.

HR al-Hakim (II/98-99) dari Sahabat ‘Ali bin Rabi’ah. Silahkan Lihat Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah nomor 1653), ciptaan Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

4. Berdoa dengan rasa sungguh sungguh.

HR. al-Bukhari nomor 6338 dan Muslim nomor 2678. Lafazh hadits ini berdasarkan riwayat imam al-Bukhari.

5. Mengulang doa sebanyak 3 kali.

HR. al-Bukhari nomor 240 dan Muslim nomor 1794 (107).

6. Memanjatkan do’a dengan lafadz singkat mengandung makna yang luas.

HR. Abu Dawud (nomor 1482), al-Hakim (I/539) dan Ahmad (VI/148, 189) . Syaikh al-Albani rahimahullah mensahihkan hadits ini dalam kitab Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir (nomor 4949).

7. Berdoa dengan mendoakan diri sendiri sebelum mendoakan orang lain.

HR. Abu Dawud (nomor 3984) dan at-Tirmidzi (nomor 3385) . Syaikh al-Albani rahimahullah menshahihkan hadits ini dalam kitab Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir (nomor 4723).

8. Memilih waktu waktu mustajab.

– Di saat tengah malam
– Antara 2 adzan (adzan dan iqomah)
– Ketika sujud
– Ketika perang sedang berlangsung
– Ba’da ashar ketika hari jum’at
– Dihari Arafah
– Saat turun hujan
– 10 malam terakhir dibulan ramadhan (utamanya malam lailatul qadr).

Dan sebagai penutup pada tema bacaan doa selamat kali ini, mari kita sama sama saling ingat mengingatkan dalam kebaikan dan terus menapaki jejak Rasulullah S.A.W dengan menjalankan sunnahnya.

Tinggalkan komentar