Download Mp3 Surat Yasin Full Suara Merdu

Download Mp3 Surat Yasin – Murottal Al Quran atau bacaan Quran surah yasin lengkap full ayat suara merdu bisa sobat download free alias gratis serta mudah di islamiques.net.

Seperti surat pendek yang bisa kita hafalkan melalui mp3 seperti halnya mp3 surat al qadr, mp3 surat al quraisy, mp3 surat at tin, mp3 surat ad dhuha serta yang lainnya.

Maka kita bisa menggunakan audio surat yasin sebagai panduan ketika ingin menghafal menggunakan metode audio.

Sebelum kita menuju daftar download surat yasin, mari kita pelajari terlebih dahulu statistik atau informasi dari surat Yasin. Berikut ini ulasannya.

> Arti Surat : Ya-Sin
> Alias : Rafi’ah Khafizah, Man’amah
> Penggolongan : Surat Makkiyah
> Nomor Surat : Surah ke-36
> Letak Juz : Juz ke-22 [ayat 1-21] dan Juz ke-23 [ayat 22-83]
> Total Ayat : 83 ayat
> Total ruku’ : 5 ruku
> Surat Setelahnya : Surat As Saffat
> Surat Sebelumnya : Surat Fatir

Murottal Surat Yasin Full

Murottal Surat Yasin Full

Surat yasin merupakan salah satu surat dalam Al Quran yang didalamnya terdapat ayat ayat pendek dan Allah Ta’ala telah menjadikan Al Quran itu mudah di ingat dan dihafalkan.

surat ini termasuk kedalam golongan mp3 surat terkenal seperti mp3 surat Al Baqarah, mp3 Al Kahfi, mp3 Surat Ar Rahman dan lain-lainnya.

Jadi untuk kita umat islam sudah sepatutnya kita mempelajari sampai dengan menghafal Al Quran, karena kelak ayat yang akan kita hafalkan dan amalkan akan menjadi syafaat bagi diri kita melalaui rahmat Allah Ta’ala.

Dalam surat ini secara umum memuat tentang ilmu tauhid seperti tauhid rububiyah dan tauhid uluhiyah yang mana biasa termuat dalam surat surat Makkiyah (surat yang turun di kota makkah).

Dan puncak pembahasan dalam surat ini adalah tentang hari berbangkit dan juga hari kiamat kelak.

Ada beberapa pendapat dan hadits yang mengungkapkan keistimewaan atau keutamaan dari surat yasin, apa saja ? berikut ini penjelasannya.

1. Surah Yasin merupakan jantungnya Al-Qur’an

Dan dari Anas bin Malik R.A, berkata Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ لِكُلِّ شَىْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس َمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

” Segala sesuatu itu memiliki jantung. Jantungnya Al-Qur’an ialah surah Yasin. barangsiapa membaca surah Yasin, maka Allah akan mencatatnya layaknya membaca Al-Qur’an sebanyak 10 kali.” (Hadits Riwayat At-Tirmidzi, nomor 2887)

Lalu bagaimana sanad dari hadits ini ?

Imam At Tirmidzi menyatakan bahwasannya hadits ini adalah Dhoif (lemah), beliau (At-Tirmidzi) mengatakan bahwasannya hadits ini adalah gharib dan beliau tak mengenal melainkan dari hadits Humaid bin Abdirrahman, dan di daerah Bashrah mereka tidak tahu menahu melainkan dari hadits Qatadah pada jalan ini. Dan Harun Abu Ahmad merupakan seorang Syaikh yang tidak dikenal atau majhul.

Selain Imam At Tirmidzi, dalam takrij jami’ At Tirmidzi nomor 2887 berkomentar Al Hafizh Abu Tahir bahwasannya sanad dari hadits diatas adalah dha’if.

2. Membacakan Surat Yasin Pada Orang Yang Akan Mati

Dari Ma’qil bin Yasar R.A, bersabda beliau Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,

اقْرَءُوا (يس) عَلَى مَوْتَاكُمْ

“Bacakanlah Yasin kepada orang yang hampir mati di antara kalian.” (Hadits Riwayat Abu Daud, nomor 3121; HR. Ibnu Majah, nomor 1448; HR. An-Nasa’i dalam ‘Amal Al-Yaum wa Al-Lailah, nomor 1074)

Dan lagi lagi hadits ini dinilai dhaif, dan pendapat para ulama mengatakan bahwasannya ada dua alasan kenapa hadits ini dinilai dhaif, seperti :

1. Hadits ini mengalami idhthirab dalam sanad.
2. Abu ‘Utsman serta ayahnya merupakan periwayat hadits yang majhul (tidak dikenal) dan tidak diketahui siapa mereka itu.

3. Membaca Surat Yasin Saat Di Pekuburan dan Pada Waktu Malam

Terdapat 3 hadits yang cukup mashur dikalangan umat islam, khususnya di Indonesia mengenai keutamaan dari membaca surat yasin.

Diantaranya adalah sebagai berikut :

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ ( يس ) فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهُ

“Siapa yang saat malam membaca Yasin, maka dirinya akan mendapat ampunan di pagi harinya.”

مَنْ دَاوَمَ عَلَى قِرَاءَتِهَا كُلَّ لَيْلَةٍ ثُمَّ مَاتَ مَاتَ شَهِيْدًا

“Siapa yang senantiasa membaca surat Yasin di setiap malamnya, lalu dia meniggal, maka dirinya telah meninggal dalam keadaan yang syahid.”

مَنْ دَخَلَ المَقَابِرَ فَقَرَأَ سُوْرَةَ ( يس ) ، خُفِّفَ عَنْهُمْ يَوْمَئِذٍ ، وَكَانَ لَهُ بِعَدَدِ مَنْ فِيْهَا حَسَنَات

“Siapa orang yang memasuki pekuburan lalu dia membaca surah Yasin didalamnya, maka pada saat itu dan dihari itu para penghuni kubur akan diringankan siksa atas mereka dan dirinya akan memperoleh ganjaran pahala sebanyak apa yang ada di dalamnya.”

Bagamiana sanad dari ketiga hadits diatas ?

Banyak sekali para ulama yang memberikan sanad dari ketiga hadits tersebut adalah dhaif.

Seperti fatwa Al Islam soal dan jawab Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjjid nomor 75894, kitab wa Jumlah Mimma Ruwiya Fi Fadhailiha’, yang merupakan karangan dari Syaikh Muhammad Amr Abdul Latif, risalah Hadits Qalbul Qur’an Yasin Fil Mizan, dalam kitab Al-Fawaid Al-Majmu’ah yang dikarang oleh Syaukani 942-979 serta didalam kitab Al-Maudhu’at yang merupakan karangan Ibnu Al-Jauzi 2:313.

4. Surat Yasin Dapat Memenuhi Keperluan Yang Membacanya

Ada sebagian orang yang membaca surat yasin dengan maksud agar apa-apa yang dirinya perlukan akan didapatinya serta bisa memudahkan segala urusan yang diniatkan.

Sebagaimana dalam sebuah hadits berikut ini.

يس لِمَا قُرِئَتْ لَهُ

“Surah Yasin itu tergantung dari niat orang yang membaca”.

Dan hadits diatas sudah terkenal akan ke dha’ifannya, seperti yang dikatakan Imam Sakhawi bahwa hadits ini tidak ada asalnya. Dan Al Qadhi Zakariya dalam Baidhawi berkata mengenai hadits ini adalah maudhu’ dan terdapat didalam ‘Kasyful Khafa di halaman ke-619.

dan semua hadits serta keutamaan yang sudah disebutkan diatas merupakan hadits yang dha’if, wallahu a’lam bishowaf

Itu tadi sekilas pembahasan dari surat yasin, untuk selanjutnya mari kita menuju daftar download surat Yasin full ayat suara merdu, berikut ulasannya.

Download Surat Yasin Lengkap

Silahkan sobat temukan murottal dari qori yang dianggap cocok dengan karakter masing masing, yakni dengan cara mendengarkan terlebih dahulu melalui pemutar suara dari setiap qori berikut ini.

Mp3 Surat Yasin Dan Artinya : Download

 

Murottal Surat Yasin Mp3 Abdurrahman As Sudais : Download

 

Murottal Surat Yasin Mp3 Abdallah Kamel : Download

 

Murottal Surat Yasin Mp3 Abdurrahman Al Ausy : Download

 

Qiroah Surat Yasin Mp3 Aziz Alili : Download

 

Qiroah Surat Yasin Mp3 Hani Ar Rifai : Download

 

Qiroah Surat Yasin Mp3 Hatem Farid : Download

 

Tilawah Surat Yasin Mp3 Imad Al Mansary : Download

 

Tilawah Surat Yasin Mp3 Mustafa Raad Azzawi : Download

 

Tilawah Surat Yasin Mp3 Muhammad Ayyub : Download

 

Bacaan Surat Yasin Mp3 Nabil Ar Rifai : Download

 

Bacaan Surat Yasin Mp3 Nasser Al Qatami : Download

 

Mp3 Surah Yasin Mishary Rashid Al Afasy : Download

 

Mp3 Bacaan Surat Yasin Saad Al Ghamidi : Download

 

Audio Surat Yasin Sahl Yasin: Download

 

Audio Surat Yasin Salah Al Hashim : Download

 

Audio Surat Yasin Suud Asy Syuraim : Download

 

Surat Yasin Yasser Al Dosari : Download

 

Surat Yasin Yasser Al Qurashi : Download

Itu tadi daftar qiroah surat Yasin dari qori dewasa,

Silahkan Download juga murottal versi qori ciliknya berikut ini.

Download Mp3 Surat Yasin Versi Anak

Silahkan pilih dari daftar berikut ini.

Mp3 Surat Yasin Ahmad Misbahi : Download

 

Murottal Surat Yasin Ahmad Saud : Download

Itu tadi beberapa kumpulan surat yasin yang bisa kami bagikan untuk sobat semuanya, selanjutnya mari kita pelajari beberapa keutamaan dan keistimewaan dari surat yasin pada pembahasan berikut ini.

14 Keistimewaan dan Keutamaan Surat Yasin bagi Umat Muslim

Keistimewaan dan Keutamaan Surat Yasin

Agama Islam merupakan kepercayaan yang datang belakangan ke Indonesia, karena sebelumnya banyak pemeluk agama Hindu-Budha. Seiring masuknya ajaran Islam dan banyak non-muslim yang menjadi mualaf, ini menjadikan perilaku Islami bercampur dalam kegiatan masyarakat terdahulu.

Salah satu praktek keagamaan yang melekat di Indonesia terutama pulau Jawa adalah “Yasinan”. Ini dilakukan sebagian orang dalam beberapa acara agama Islam. Alasan yang mendasari kegiatan semacam itu dilakukan adalah karena banyaknya keutamaan Surat Yasin yang tidak ternilai.

Arti dari Surat Yasin

Surat Yasin merupakan surat yang ada dalam Al-Qur’an dan masuk pada urutan ke-36 (dari 114 surat yang ada) terdapat pada juz 22, serta tergolong dalam jajaran surat Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah.

Surat Yasin berisi 83 ayat, termasuk dalam kategori surat sedang (jumlah ayatnya yakni antara 50 sampai 100 ayat) dan diturunkan setelah surat Aj-Jin. Penempatan susunan surat ini terletak sesudah surat Al-Fathir dan sebelum surat Ash-Shaffat.

Mengapa dinamakan dengan surat Yasin? Karena surat tersebut dimulai dengan huruf Ya’ dan Sin, yang mana artinya tidak pernah ada yang tahu kecuali Allah SWT semata. Dalam surat ini terdapat kisah yang berkaitan dengan utusan-utusan Nabi Isa AS dengan para penduduk Anthakiyah.

Selain itu, terdapat pokok isi dari surat yakni kisah perjuangan para pendakwah dan para Syuhada, pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan  Allah SWT dan mengingat kematian.

Anjuran Hari dalam Membaca Surat Yasin

Membaca surat Yasin merupakan anjuran bagi seluruh umat Islam, apalagi membacanya di malam hari, ini karena merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Agar umat muslim tidak ragu dalam mengamalkan setiap harinya.

Selain malam hari, juga diafdholkan membaca surat Yasin dilakukan pada Kamis malam atau hari Jum’atnya, paling tidak dilakukan seminggu sekali.

Ada juga yang menjelaskan bahwa membaca surat Yasin baik dilakukan pada pertengahan siang saat musim panas dan dingin.  Namun, sebetulnya hari apa saja juga baik jika ingin mengamalkan surat ini.

Surat Yasin ini memiliki kedudukan sendiri dalam tradisi umat muslim. Di antaranya, yakni sering dibaca pada waktu-waktu tertentu seperti malam jumat, malam nisyfu sya’ban, tahlil, ketika terdapat seseorang yang menghadapi sakaratul maut atau bahkan saat terjadi musibah kematian.

Keutamaan Surat Yasin Bagi Umat Islam

Keutamaan Surat Yasin Bagi Umat Islam

Beberapa keutamaan dari surat Yasin akan dijabarkan di bawah ini. Tidak hanya memiliki satu keutamaan, namun banyak sekali dan tidak ternilai berkahnya. Seperti:

  1. Akan Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Keutamaan surat Yasin yang pertama bahwa barang siapa yang dengan ikhlas dan benar-benar mengharap ridho-Nya, membaca surat ini pada malam hari, maka dosa pada orang tersebut akan diampuni oleh Allah SWT sampai ke esokan harinya.

  1. Akan Dikabulkan Hajatnya

Apabila seseorang mempunyai kehendak atau hajat yang diinginkan kemudian Dia membaca surat Yasin, niscaya Allah akan mengabulkan sebagaimana diterangkan dalam hadist. Jika belum juga terkabul, mungkin ada perkara yang lebih baik lagi untuknya.

  1. Dipermudah Segala Urusan

Apabila seseorang dengan ikhlas membaca, dipercaya segala urusan dan permasalahan hidup akan dipermudan oleh-Nya. Seperti halnya masalah hutang, pertengkaran, karir dan lain-lain. Akan tetapi, juga harus diimbangi dengan usaha yang maksimal.

  1. Akan Mendapatkan Ketenangan Hati

Membaca surat Yasin sama halnya dengan berdzikir dan mengingat Allah. Dan jika seseorang memperbanyak dzikir, keadaan hatinya akan tenang dan nyaman. Ini dikarenakan dalam hatinya hanya ada Allah semata.

Hal itu juga terdapat dalam surat Ar- Ra’ad ayat 28. Yang menjelaskan bahwa, jika di dalam hatinya hanya ada nama Allah maka orang tersebut sudah dapat dipastikan tentram karena selalu mengingat-Nya.

  1. Dipermudah saat Sakaratul Maut

Keutamaan yang kelima yaitu, dengan membacanya dengan rajin, insyaallah diyakini bisa meringankan siksa kubur yang begitu mengerikan. Juga dipercaya dapat membantu saat sakaratul maut agar lebih dimudahkan dan dilancarkan. Serta, dihilangkan rasa sakitnya.

  1. Dapat Meningkatkan Kualitas Keimanan

Dengan mengetahui makna dan artinya, akan dapat dipahami betapa besar keagungan Tuhan dan karunia-Nya. Serta betapa mengerikannya sebuah kematian dan bagaimana perjuangan para pendakwah dan syuhada di masa lalu saat memperjuangkan agama Islam.

Dengan mengetahui beberapa hal seperti itu, diharapkan semua umat Islam dapat memaksimalkan tingkat keimanannya kepada Allah SWT.

  1. Dapat Membedakan Tipu Muslihat Dajjal

Di hari akhir nanti, Allah akan memberi kemampuan bagi siapapun yang rajin membaca surat dalam Al-Qur’an, terutama Yasin. Karena tipu muslihat dajjal terkenal bisa membutakan keimanan seseorang.

  1. Akan Memperoleh Pahala yang Berlipat

Dijelaskan dalam riwayat At-tirmidzi dan Ad-Darimi, bahwa Rasulullah SAW menjelaskan bahwasanya surat Yasin merupakan jantung Al-Qur’an. Dan siapa yang membacanya akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

  1. Akan Mendapatkan Kemuliaan dari Allah SWT

Umumnya, surat yang ada dalam Al-Qur’an itu baik. Dengan membacanya secara rutin dan tertib, termasuk juga surat Yasin, seseorang akan mendapatkan kemuliaan yang tinggi dari Allah SWT. Yang mana hal tersebut juga dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud.

  1. Akan Diberikan Syafaat di Hari Akhir Kelak

Membaca surat Yasin dengan rutin saat masih hidup di dunia, suatu saat ketika di hari akhir Al-Qur’an akan datang sebagai pemberi syafaat bagi mereka. Namun, harus dilakukan dengan hati ikhlas dan pembacaan yang benar.

  1. Jiwa akan Terasa Bersih

Keutamaan yang selanjutnya, dengan rutin mengamalkannya dapat membuat jiwa pembaca menjadi bersih. Bisa diibaratkan seperti bunga yang memiliki aroma harum. Tentu keistimewaan ini juga berlaku untuk semua surat yang berada dalam surat Al-Qur’an.

  1. Dapat Memberikan Cahaya pada Kegelapan

Apabila seseorang dengan ketaqwaan menyembah Allah dan mengamalkan surat Yasin, akan mendapatkan cahaya di kegelapan serta mendapat petunjuk dan akan membawanya kepada kebaikan. Cahaya yang dimaksud yakni bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah saat masih hidup di dunia.

  1. Akan Memperoleh Pahala Berlipat seperti Orang Bersedekah

Pahala membaca Yasin sama halnya dengan seseorang yang bersedekah. Semakin sering membaca, maka semakin berlimpah pula pundi-pundi kebaikan yang kelak akan dipetik jika sudah mengalami kehidupan berikutnya.

  1. Akan Mendapatkan Cahaya di Hari Kiamat Nanti

Diterangkan dari hadist Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah bersabda barang siapa yang mendengar satu ayat saja dari Al-Qur’an maka akan ditulis satu kebaikan yang berlipat ganda dan yang membacanya akan memperoleh cahaya saat hari kiamat nanti.

Untuk mendapatkan keberkahan yang melimpah, hendaknya mengamalkan surat ini di setiap selesai melakukan sholat 5 waktu. Namun, Anda harus mengalahkan rasa malas yang kerap kali menghantui.

Demikianlah beberapa keutamaan surat Yasin bagi umat Muslim yang rajin mengamalkannya. Semoga Kita semua termasuk dalam golongan umat yang haus dalam mengejar kebaikan dari Allah. Dengan begitu, akan mendapatkan perlindungan-Nya dimanapun berada.

Informasi Terkait Surat Yasin

Surat yasin sendiri merupakan surat yang sering dibaca oleh umat islam tanah air, khususnya pada malam jumat, terlepas dari dalil yang menguatkannya ada atau tidak kita tidak membahasnya disini, namun ayat ayat suci Al Quran tetaplah agung dan tinggi serta syarat akan petunjuk yang bisa membawa kebahagiaan dunia dan akhirat.

Surat yasin sendiri berarti “Ya-Sin” dan memiliki dua nama lain yakni Man’amah dan Rafi’ah Khafizah. Surat ini masih termasuk kedalam golongan surat surat Makkiyah dengan urutan surat pada mushaf Al Quran menempati urutan ke 36 dan terbagi atas dua Juz, yakni Juz 22 yang dimulai dari ayat ke 1-21 dan Juz 23 yang dimulai dari ayat ke 22-83.

Itu tadi daftar murottal Surat Yasin full ayat suara merdu dari para qori pilihan islamiques.net, semoga bermanfaat dan bisa memupuk semangat sobat untuk terus mempelajari sampai dengan mengamalkan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari hari, terimakasih.

Tinggalkan komentar