Soal TEMATIK Kelas 2 SD Semester 1 dan 2 (LENGKAP)

Apakah pengacara seperti kalian tidak mengenal hari libur? ― Tere Liye

Soal TEMATIK Kelas 2 SD/MI Semester 1 dan 2 (LENGKAP) – kali ini kami akan berbagi soal tematik kelas 2 semester 1 dan semester 2 lengkap berbagai tema dan subtema beserta kunci jawabannya dan bisa juga teman teman download soal kelas tematik kelas 2 pdf dan doc (word) gratis.

Apa itu pelajaran tematik Untuk SD

Soal TEMATIK Kelas 2 SD Semester 1 dan 2 (LENGKAP) Pelajaran tematik adalah suatu metode pembelajaran yang memusatkan perhatian pada satu tema atau topik yang luas dan menyeluruh. Dalam pelajaran tematik, materi pelajaran disusun dan dikemas dalam bentuk satu kesatuan yang terorganisir dengan baik, yang mencakup berbagai aspek dari satu tema atau topik tersebut. Pelajaran tematik diimplementasikan di sekolah dasar (SD) dengan tujuan untuk membantu siswa memahami konsep-konsep yang lebih luas dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari.

Contoh pelajaran tematik di SD dapat meliputi topik-topik seperti lingkungan, sejarah, sains, dan seni. Dalam pelajaran tematik, siswa dapat belajar tentang topik tersebut dengan menggunakan berbagai metode, seperti diskusi kelompok, presentasi, proyek, dan lain-lain. Pelajaran tematik juga menekankan pembelajaran yang terintegrasi, dimana siswa belajar tentang satu topik dengan menghubungkannya dengan beberapa mata pelajaran yang berbeda, seperti bahasa Indonesia, matematika, dan sains.

Pelajaran tematik diharapkan dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang lebih luas dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari, serta membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Namun, pelajaran tematik juga membutuhkan persiapan yang lebih terorganisir dari guru dan siswa, serta dapat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan satu topik dibandingkan dengan metode pembelajaran lainnya.

Baca Juga: level kognitif taksonomi bloom

– Apa tujuan tematik

Tujuan utama pelajaran tematik adalah untuk membantu siswa memahami konsep-konsep yang lebih luas dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Pelajaran tematik diharapkan dapat membantu siswa memahami bagaimana konsep-konsep yang diajarkan dalam satu topik terkait dengan aspek-aspek lain dari kehidupan sehari-hari.

Selain itu, tujuan lain dari pelajaran tematik adalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis siswa. Pelajaran tematik memfokuskan pada pembelajaran yang terintegrasi, dimana siswa belajar tentang satu topik dengan menghubungkannya dengan beberapa mata pelajaran yang berbeda, seperti bahasa Indonesia, matematika, dan sains. Dengan demikian, siswa dapat belajar untuk menganalisis dan memecahkan masalah dengan menggunakan berbagai perspektif dan mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih kompleks.

Pelajaran tematik juga diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berbahasa yang lebih baik. Dalam pelajaran tematik, siswa dapat belajar untuk menyampaikan ide-ide mereka dan mempresentasikan proyek-proyek yang mereka buat, sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan komunikasi yang lebih baik.

Dengan demikian, tujuan utama pelajaran tematik adalah untuk membantu siswa memahami konsep-konsep yang lebih luas dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis, serta kemampuan berbahasa yang lebih baik.

Baca Juga: Contoh Landasan Teori Beserta Cara Membuatnya

– Apa manfaat tematik

Ada beberapa manfaat pelajaran tematik, yaitu:

Membantu siswa memahami konsep-konsep yang lebih luas: Pelajaran tematik memfokuskan pada satu topik yang luas dan menyeluruh, sehingga siswa dapat memahami konsep-konsep yang terkait dengan topik tersebut secara lebih mendalam.

Menghubungkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari: Pelajaran tematik menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga siswa dapat memahami bagaimana konsep-konsep yang diajarkan terkait dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis: Pelajaran tematik memfokuskan pada pembelajaran yang terintegrasi, dimana siswa belajar tentang satu topik dengan menghubungkannya dengan beberapa mata pelajaran yang berbeda. Dengan demikian, siswa dapat belajar untuk menganalisis dan memecahkan masalah dengan menggunakan berbagai perspektif dan mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih kompleks.

Meningkatkan kemampuan berbahasa: Dalam pelajaran tematik, siswa dapat belajar untuk menyampaikan ide-ide mereka dan mempresentasikan proyek-proyek yang mereka buat, sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan komunikasi yang lebih baik.

Meningkatkan minat belajar siswa: Pelajaran tematik dapat membantu siswa menemukan minat belajar mereka dan memotivasi mereka untuk belajar lebih lanjut tentang topik yang menarik bagi mereka.

Mempermudah pemahaman siswa: Pelajaran tematik membantu siswa memahami konsep-konsep yang lebih luas dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajaran yang diajarkan.

Baca Juga: Contoh Soal Penjaskes Kelas 10

– Pelajaran tematik itu seperti apa

Dalam pelajaran tematik, materi pelajaran disusun dan dikemas dalam bentuk satu kesatuan yang terorganisir dengan baik, yang mencakup berbagai aspek dari satu tema atau topik tersebut. Pelajaran tematik diimplementasikan di sekolah dasar (SD) dengan tujuan untuk membantu siswa memahami konsep-konsep yang lebih luas dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari.

Contoh pelajaran tematik di SD dapat meliputi topik-topik seperti lingkungan, sejarah, sains, dan seni. Dalam pelajaran tematik, siswa dapat belajar tentang topik tersebut dengan menggunakan berbagai metode, seperti diskusi kelompok, presentasi, proyek, dan lain-lain. Pelajaran tematik juga menekankan pembelajaran yang terintegrasi, dimana siswa belajar tentang satu topik dengan menghubungkannya dengan beberapa mata pelajaran yang berbeda, seperti bahasa Indonesia, matematika, dan sains.

Pelajaran tematik diharapkan dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang lebih luas dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari, serta membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Namun, pelajaran tematik juga membutuhkan persiapan yang lebih terorganisir dari guru dan siswa, serta dapat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan satu topik dibandingkan dengan metode pembelajaran lainnya.

– Tematik kelas 2 apa saja

Tema-tema pelajaran tematik yang dapat diajarkan pada kelas 2 SD dapat meliputi:

  • Lingkungan: Tema ini dapat mencakup materi tentang bagaimana siswa dapat menjaga lingkungan sekitar mereka, serta bagaimana menghargai dan melestarikan alam.
  • Sejarah: Tema ini dapat mencakup materi tentang sejarah keluarga siswa, sejarah kebudayaan lokal, atau sejarah nasional.
  • Sains: Tema ini dapat mencakup materi tentang bagaimana siswa dapat memahami alam sekitar mereka, serta menjelaskan fenomena alam yang terjadi di sekitar mereka.
  • Seni: Tema ini dapat mencakup materi tentang berbagai jenis seni, seperti musik, tari, drama, dan lukis.
  • Kesehatan: Tema ini dapat mencakup materi tentang cara menjaga kesehatan fisik dan mental siswa, serta cara-cara menghindari penyakit.
  • Sosial: Tema ini dapat mencakup materi tentang bagaimana siswa dapat menjalin hubungan dengan orang lain, serta bagaimana siswa dapat bergaul dengan orang lain secara sosial.
  • Matematika: Tema ini dapat mencakup materi tentang dasar-dasar matematika, seperti penambahan, pengurangan, dan perkalian.
  • Bahasa Indonesia: Tema ini dapat mencakup materi tentang dasar-dasar bahasa Indonesia, seperti tata bahasa, ejaan, dan tata kalimat.

Tema-tema pelajaran tematik yang diajarkan pada kelas 2 SD dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa, serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Dan berikut ini kumpulan contoh soal latihan tematik kelas 2 SD/MI lengkap dengan kunci jawabannya.

1. Soal Essay Tematik Kelas 2 SD/Mi dan Kunci Jawabannya

Berikut ini adalah beberapa contoh soal tematik untuk kelas 2 SD dengan kunci jawabannya:

1. Sebutkan 3 macam makanan yang mengandung banyak protein!

Jawaban: Daging, telur, dan ikan.

2. Sebutkan 3 macam tumbuhan yang dapat ditanam di rumah!

Jawaban: Mawar, peterseli, dan basil.

3. Sebutkan 3 macam binatang yang dapat dilindungi di Indonesia!

Jawaban: Harimau, gajah, dan komodo.

4. Sebutkan 3 macam peralatan dapur yang sering digunakan!

Jawaban: Pisau, sendok, dan wajan.

5. Sebutkan 3 macam benda yang terbuat dari besi!

Jawaban: Gergaji, sepatu, dan kunci.

6. Sebutkan 3 macam benda yang terbuat dari plastik!

Jawaban: Botol, tas, dan mainan.

7. Sebutkan 3 macam benda yang terbuat dari kayu!

Jawaban: Meja, kursi, dan pintu.

8. Sebutkan 3 macam benda yang terbuat dari kertas!

Jawaban: Buku, kertas hias, dan amplop.

9. Sebutkan 3 macam benda yang terbuat dari kaca!

Jawaban: Cermin, jendela, dan botol.

Semua contoh soal di atas dapat disesuaikan dengan topik pelajaran tematik yang sedang diajarkan pada kelas 2 SD. Misalnya, jika topik pelajaran adalah benda-benda yang terbuat dari berbagai material, maka soal yang diberikan dapat terkait dengan benda-benda yang terbuat dari besi, plastik, kayu, kertas, atau kaca. Begitu juga dengan topik lainnya, soal yang diberikan dapat terkait dengan materi yang sedang diajarkan pada topik tersebut.

2. Kumpulan Soal Pilihan Ganda Tematik Kelas 2 SD/Mi Beserta Jawabannya

Berikut ini adalah beberapa contoh soal pilihan ganda tematik untuk kelas 2 SD dengan kunci jawabannya:

1. Apa yang harus dilakukan jika seseorang mengalami luka bakar?

a. Mencuci luka dengan air panas
b. Menyemprotkan alkohol ke luka
c. Menutup luka dengan plester
d. Mencuci luka dengan air dingin

Jawaban: d

2. Apa yang harus dilakukan jika seseorang mengalami muntah-muntah?

a. Minum air panas
b. Minum air es
c. Minum susu
d. Minum air hangat

Jawaban: d

3. Apa yang harus dilakukan jika seseorang mengalami demam?

a. Minum air es
b. Minum air panas
c. Menggunakan selimut tebal
d. Menggunakan obat demam

Jawaban: d

4. Apa yang harus dilakukan jika seseorang mengalami sesak nafas?

a. Menghirup udara yang banyak
b. Menghirup udara yang sedikit
c. Menghirup udara yang dingin
d. Menghirup udara yang panas

Jawaban: a

5. Apa yang harus dilakukan jika seseorang mengalami pingsan?

a. Menyemprotkan air ke wajah
b. Menepuk-nepuk kepala
c. Menggosok-gosok tangan
d. Membalikan orang yang pingsan ke posisi telentang

Jawaban: d

Semua contoh soal di atas dapat disesuaikan dengan topik pelajaran tematik yang sedang diajarkan pada kelas 2 SD. Misalnya, jika topik pelajaran adalah pertolongan pertama, maka soal yang diberikan dapat terkait dengan langkah-langkah pertolongan pertama yang harus dilakukan dalam situasi-situasi darurat. Begitu juga dengan topik lainnya, soal yang diberikan dapat terkait dengan materi yang sedang diajarkan pada topik tersebut.

Download Soal Tematik Kelas 2 Sd/Mi Semester 1 dan 2

Disini akan kami bagikan soal soal tematik kelas 2 dalam bentuk file pdf dan doc semester genap dan semester ganjil.

Silahkan lihat daftarnya berikut ini.

A. Soal Tematik Kelas 2 SD Semester Ganjil

– Soal tematik kelas 2 pdf semester 1

Judul Link
PTS KELAS 2 Tema 1 sub 2.pdf Download
TEMA 1 KELAS 2.pdf Download

– Soal tematik kelas 2 doc semester 1

Judul Link
PTS KELAS 2 Tema 1 sub 2.doc Download
TEMA 1 KELAS 2.doc Download

 

B. Soal Tematik Kelas 2 SD Semester Genap

– Soal tematik kelas 2 doc semester 2

Judul Link
Contoh Soal UTS PTS untuk kelas 2 SD MI   Tema 5 Sub 3 & 4 Kunci Jawaban.docx Download
Contoh Soal UTS PTS untuk kelas 2 SD MI   Tema 6 Sub 1 & 2 Kunci Jawaban.docx Download
Contoh Soal UTS PTS untuk kelas 2 SD MI   Tema 6 Sub 3 & 4 Kunci Jawaban.docx Download

 

– Soal tematik kelas 2 pdfsemester 2

Judul Link
Contoh Soal UTS PTS untuk kelas 2 SD MI   Tema 5 Sub 3 & 4 Kunci Jawaban.pdf Download
Contoh Soal UTS PTS untuk kelas 2 SD MI   Tema 6 Sub 1 & 2 Kunci Jawaban.pdf Download
Contoh Soal UTS PTS untuk kelas 2 SD MI   Tema 6 Sub 3 & 4 Kunci Jawaban.pdf Download

 

Baiklah, sampai disini dulu perjumpaan kali ini.

Jika ada hal yang ingin teman teman tanyakan silahkan tuliskan dikolom komentar ya.