Latihan Soal ANBK SD/MI Literasi Dan Numerasi Terbaru

Apakah pengacara seperti kalian tidak mengenal hari libur? ― Tere Liye

Latihan Soal ANBK SD MI Literasi Dan Numerasi – Asesmen Nasional merupakan sebuah program evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam pemetaan suatu mutu dari sistem pendidikan di tingkatan satuan pendidikan dasar serta menengah.

Adapun evaluasi tersebut didalamnya terdapat beberapa instrumen yang digunakan, antara lain :

  • Asesmen kompetensi minimum,
  • Survei karakter,
  • Survei lingkungan belajar.

Dalam “Asesmen Nasional” ini, siswa tidak perlu untuk melakukan hal hal khusus seperti bimbel atau kursus kursus belajar.

Sehingga guru dan peserta didik tidak perlu untuk meningkatkan skor pada Asasmen nasional.

Siswa pada tingkat SD atau MI yang bisa mengikuti AN adalah siswa kelas 5, sedangkan untuk tingkat menengah seperti Siswa SMP/MTS dan Siswa SMA, MA, SMK yang bisa mengikuti dan Siswa SMA MA SMK adalah siswa kelas 8 dan kelas 11.

Untuk pemilihan peserta akan dipilih secara acak atau random yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan. Berikut ini ada beberapa syarat peserta Asesmen Nasional, yang perlu diperhatikan siswa.

Numerasi dan literasi adalah sebuah literasi awal yang dikenal dalam sejarah peradaban manusia. Keduanya merupakan literasi fungsional dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Kemampuan numerasi salah satunya memiliki fungsi efektif dalam kegiatan bekerja, belajar, dan berinteraksi sepanjang hayat. Oleh karena itu, metode ini dikembangkan secara sistematis dan berkelanjutan, baik kegiatan belajar mengajar di kelas maupun di luar kelas (ekstrakurikuler).

Pada kegiatan ekskul, literasi dan numerasi berfokus pada dikembangkan secara sistematis dan berkelanjutan dan pengayaan numerasi yang dilaksanakan dalam pembelajaran di kelas.

Kegiatan ekskul sendiri bersifat menantang dan menyenangkan dalam rangka mengembangkan potensi anak, Prinsip tersebut juga berlaku bagi pemilihan bahan bacaan.

Adapun hal hal yang erat kaitannya dengan kemampuan literasi numerasi adalah jenis pengetahuan dan kecakapan simbol, pemahaman angka dan analisis informasi kuantitatif (tabel, grafik, bagan, dll), yang sangat penting untuk dikuasai generasi sekarang.

Dengan memiliki kemampuan tersebut, siswa nantinya bisa cakap dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dikuasai dalam kehidupan nyata.

Untuk teman teman yang ingin mendapatkan materi terkait pendidikan, silahkan kunjungi tautan berikut ini ya :

Dan secara lebih detail, silahkan teman teman baca sejenak dengan apa itu numerasi literasi berikut ini.

Apa itu literasi numerasi ?

Latihan Soal ANBK SD/MI Literasi Dan Numerasi Terbaru

Literasi numerasi merupakan kecakapan dan pengetahuan untuk :

1. Menggunakan berbagai macam bilangan dan simbol untuk memecahkan berbagai masalah praktis dalam berbagai konteks di kehidupan sehari-hari.

2. Menganalisis informasi dalam berbagai bentuk seperti tabel, grafik, bagan, dll dan kemudian menggunakan interpretasi tersebut untuk menentukan atau memprediksi dan mengambil kesimpulan dan keputusan.

Sederhananya, numerasi berarti kemampuan mengaplikasikan sebuah konsep bilangan dan operasi hitung dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Literasi numerasi juga memiliki cakupan dalamhal menerjemahkan informasi kuantitatif yang ada di sekeliling kita.

Kesimpulannya, literasi numerasi merupakan kemampuan/kecakapan untuk mengembangkan pengetahuan serta keterampilan menggunakan ilmu matematika secara percaya diri dalam seluruh aspek kehidupan.

Literasi numerasi sendiri secara garis besar meliputi berbagai aspek. Seperti :

  • Pengetahuan,
  • Keterampilan,
  • Perilaku,
  • Perilaku positif.

Sedangkan numerasi adalah suatu hal yang tidak sama dengan kompetensi matematika.

Keduanya memiliki landasan pengetahuan serta keterampilan yang sama, tapi memiliki perbedaannya pada pemberdayaan pengetahuan dan keterampilan.

Numerasi sendiri secara umum mencakup keterampilan untuk mengaplikasikan sebuah konsep atau kaidah matematika kedalam situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti saat sebuah masalah sering kali tidak terstruktur, memiliki cara penyelesaian yang beragam, bahkan tidak adanya sebuah penyelesaian yang tuntas, serta berhubungan dengan faktor nonmatematis.

Contohnya seperti berikut :

Seorang siswa belajar tentang hitungan membagi bilangan bulat dengan bilangan bulat lainnya. Saat bilangan tersebut tidak habis dibagi, maka akan ada sisa.

Kemudian siswa akan diajarkan untuk menuliskan hasil bagi dengan sisa, kemudian siswa juga akan belajar menulis hasil bagi dalam bentuk desimal.

Dalam proyeksinya ke-kehidupan sehari-hari, hasil tersebut (dengan desimal) sering tidak diperlukan dan lebih sering dilakukan pembulatan bilangan.

Rumus pembulatan tersebut biasa dilakukan jika nilai desimalnya lebih kecil dari pada 5, maka pembulatan tersebut bersifat kebawah.

Sedangkan jika desimalnya lebih besar daripada 5,maka pembulatan tersebut bersifat ke atas.

Itu jika dihitung menggunakan ilmu matematikan.

Tapi dalam prakteknya tidak demikian.

Seperti contoh dalam konteks nyata, yakni jika ada 40 orang yang akan bepergian menggunakan minibus yang memuat 12 orang, secara hitungan maka minibus yang dibutuhkan adalah 3,333333.

Jumlah tersebut pasti tidak masuk akal.

Oleh karena itu maka dibulatkan ke bawah menjadi 3 minibus saja. Namun apabila, sebuah tempat duduk tidak boleh diduduki lebih dari 1 orang maka 4 orang tidak mendapatkan tempat duduk.

Sehingga mengharuskan untuk membawa 4 minibus.

Dalam hal ini perlu dicermati bahwasannya ilmu numerasi itu sangat membutuhkan pengetahuan matematika yang dipelajari dalam kurikulum.

Akan tetapi, pembelajaran ilmu matematika tersebut tidak musti menumbuhkan kemampuan numerasi.

Nah, berikut ini beberapa contoh soal latihan numerasi dan literasi SD/MI dan pembahasan atau jawabannya yang bisa teman teman pelajari dan bisa di download gratis.

Download Soal Latihan ANBK Numerasi Literasi SD/MI

Disini teman teman bisa melihat cupikan dari setiap soal, dan untuk link downloadnya ada dibawah cuplikan setiap soal.

Silahkan lihat daftarnya berikut ini.

  • Contoh Soal Latihan ANBK Numerasi SD/MI

Judul Link
Kumpulan Soal Literasi SD Teks Informasi Level 2.pdf Download
Kumpulan Soal Numerasi SD Level 2.pdf Download

  • Contoh Soal Latihan ANBK Literasi SD/MI

Judul Link
SOAL ANBK AKM LITERASI PAKET SD.pdf Download
SOAL AKM LITERASI SD.pdf Download

 

Ok, itu tadi kumpulan soal latihan yang bisa teman teman pelajari dan download gratis.

Sampai disini dulu perjumpaan kali ini, jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan berikan komentar anda dibawah.