Keutamaan Menggunakan Jilbab [Hijab] Syar’i Dalam Syariat

Mengenakan hijab untuk seorang muslimah merupakan suatu kewajiban agama islam yang harus ditaati dan pastinya banyak keutamaannya, karena sejatinya Allah Ta’ala memberikan perintah tersebut agar wanita terjaga kehormatannya.

Keutamaan berhijab dan menutup aurat secara syar’i atau sesuai syariat telah banyak dijelaskan dalam Al Quran dan sunnah.

Tentu setiap perintah itu memiliki keistimewaan, dan wanita berjilbab di mata Allah Ta’ala akan mendapatkan pahala sesuai dengan kadar keikhlasannya.

Adapun tujuan menggunakan hijab itu adalah untuk menutup aurat, namun banyak yang salah dalam mengartikan jilbab.

Ada seseorang yang berjilbab hanya kerena mode atau trend berbusana dan mengesampingkan tuntunan syariat.

Tentu itu sangat tidak dibenarkan dalam Islam.

Untuk mendapatkan hijab syar’i sekarang sudah tidak sulit, sobat bisa membelinya secara online di hijab.id yang merupakan salah satu penjual busana muslim dan toko online hijab.

Hijab.id beralamatkan di Ruko Puri Dago no. A3, Jl. Terusan Jakarta, Antapani, Bandung 40293. Jawa Barat – Indonesia.

Dan untuk sobat yang memiliki pertanyaan bisa langusung menghubungi di nomor WA 0818-0749-7777 atau 0819-9043-7777.

Perlu sobat semua ketahui, bahwasannya berhijab sesuai syariat itu memiliki keutamaan yang banyak. Dan berikut ini diantaranya.

Keutamaan Menggunakan Hijab Syar’i

Keutamaan Menggunakan Hijab Syar'i

Sebelum mengetahui apa saja keutamaan dari hijab syar’i, berikut ini ayat Al Quran yang menjelaskan perintah anjuran menggunakan hijab.

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Arti Terjemahannya : “Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak wanitamu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh anggota tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, oleh sebab itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab ayat 59)

Dalam dalam tafsir madzah syafi’i makna hijab itu ialah khimar atau penutup yang menutupi kepala dan izar yang maknanya adalah kain penutup badan. Sedangkan arti jilbab dalam madzab syafi’i memiliki makna kain penutup yang badan sama seperti izar.

Keutamaan Berhijab Sesuai Syariat

Dalam surat Al Ahzab diatas telah disebutkan beberapa keutamaan dari berhijabm diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Agar Lebih Mudah Dikenali

Dikenali disini maksudnya adalah agar seorang musliman itu mudah dibedakan dengan orang orang musyirikin yang tidak menggunakan hijab.

2. Agar Tidak Diganggu

Seorang muslimah yang mengenakan hijab secara syar’i tentu kehormatannya akan terjaga dan tidak diganggu oleh orang orang yang memiliki niat jahat.

Wanita yang tidak mengenakan hijab tentu akan mudah sekali mendapat gangguan, karena mereka menunjukan auratnya.

Sedangkan anggota tubuh seorang muslimah itu memiliki banyak sekali fitnah, oleh karena itu wajib hukumnya untuk menutupinya supaya tidak timbul banyak fitnah dan gangguan.

3. Terhindar Dari Sifat Wanita Yang Tidak Akan Mencium Bau Surga

Dalam hadits riwayat Muslim nomor 2128 disebutkan bahwasannya ada golongan wanita yang tidak akan mencium bau surga yang mana bau surga itu bisa tercium sampai jarak sekian dan sekian.

Siapa saja golongan wanita tersebut ?

A. Seorang wanita yang berpakaian tapi telanjang

Siapa saja mereka itu ?

Dalam tafsir Imam An Nawawi maksud dari sorang wanita berpakaian tapi telanjang adalah :

– Perempuan yang mengenakan pakaian tipis yang menunjukan warna badannya.
– Perempuan yang mendapat nikmat dari Allah Azza Wa Jalla, tapi tidak mau untuk bersyukur kepada-Nya.
– Perempuan yang menutup sebagian anggota tubuhnya dan menyingkap sebagian anggota tubuh yang lainnya.

B. Perempuan yang kepalanya seperti punuk unta

Dalam syarah muslim terbitan dar Ibnul Jauzi 14:98-99 disebutkan bahwasannya mereka adalah para perempuan yang dengan sengaja membesarkan kepalanya dengan cara menggulung rambutnya keatas dan seakan akan mereka mengenakan sorban yang menyerupai punuk unta.

Dan masih banyak lagi keutamaan keutamaan dari menggunakan hijab susai syariat, dan tentunya setiap yang Allah Ta’ala perintahkan pastilah memiliki manfaat untuk manusia itu sendiri.

Hanya saja diri kita yang kadang kala enggan untuk menataati perintah-Nya.

Semoga sedikit tulisan diatas bisa menjadi cambuk penyemangat untuk senantiasa mematuhi perintah yang telah Allah tetapkan kepada kita sebagai hamba-Nya.

Tinggalkan komentar