Download Promes PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Apakah pengacara seperti kalian tidak mengenal hari libur? ― Tere Liye

Download Promes PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka – Dapatkan file pdf dan pemahaman mendalam tentang Promes PJOK untuk Kelas 1 SD/MI dengan Kurikulum Merdeka. Temukan informasi penting, materi, dan panduan pelaksanaan dalam artikel ini.

Ketika kita berbicara tentang pendidikan, tidak bisa dipungkiri bahwa PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) adalah bagian yang penting dari kurikulum.

Bagaimana dengan Kurikulum Merdeka untuk siswa kelas 1 SD/MI?

Bagaimana kita dapat mempersiapkan Promes PJOK yang sesuai dengan kurikulum ini?

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk memahami dan mengimplementasikan Promes PJOK di tingkat SD/MI.

File PROSEM PJOK Kelas 1 SD/MI Pdf

Untuk lebih jelasnya, rekan-rekan bisa mengunduh Contoh Prosem PJOK Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka yang kami sediakan. Selain digunakan sebagai administrasi mengajar, contoh Prosem ini juga dapat dijadikan sebagai dokumen kinerja guru. Jadi, tunggu apa lagi? Silahkan unduh pada link berikut ini:

File Link
Promes PJOK Kelas 1 Semester 1 Download
Promes PJOK Kelas 1 Semester 2 Download

Dapatkan

Dapatkan File Promes Kelas 1 Lainnya:

Download Promes Bahasa Indonesia Kelas 1 SD PDF
Download Promes Bahasa Inggris Kelas 1 SD PDF
Download Promes MTK Kelas 1 SD PDF
Download Promes PAI Kelas 1 SD PDF
Download Promes PPKN Kelas 1 SD PDF
Download Promes Seni Budaya Kelas 1 SD PDF

:

Apa Itu Promes PJOK?

Promes PJOK (Program Semester Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) adalah rencana pembelajaran yang dirancang untuk memandu guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran PJOK selama satu semester.

Rencana ini mencakup tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, dan penilaian.

Kelas 1 SD/MI dalam Kurikulum Merdeka

Dengan diperkenalkannya Kurikulum Merdeka, pendidikan di Indonesia mengalami perubahan signifikan.

Kurikulum ini lebih menekankan pada pengembangan keterampilan siswa, pemahaman konsep, dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Ini menciptakan tuntutan baru dalam penyusunan Promes PJOK untuk kelas 1 SD/MI.

Langkah-Langkah dalam Membuat Promes PJOK untuk Kelas 1 SD/MI

– Pahami Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD):

Pertama, Anda perlu memahami SK-KD yang relevan dengan PJOK untuk kelas 1 SD/MI dalam Kurikulum Merdeka. Ini akan menjadi dasar dalam merancang Promes.

– Identifikasi Materi Ajar:

Selanjutnya, identifikasi materi ajar yang sesuai dengan SK-KD tersebut. Pastikan untuk memilih materi yang sesuai dengan perkembangan fisik dan psikologis siswa kelas 1.

– Tentukan Tujuan Pembelajaran:

Setelah identifikasi materi, tentukan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur. Tujuan ini harus mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

– Pilih Metode Pembelajaran:

Pilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1. Gunakan pendekatan yang bermain, kreatif, dan interaktif.

– Susun Rencana Kegiatan:

Susun rencana kegiatan yang terperinci untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pastikan rencana ini mencakup latihan fisik, permainan, dan kegiatan yang mendukung perkembangan fisik siswa.

– Penilaian:

Rencanakan cara untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran. Pertimbangkan penggunaan penilaian formatif dan sumatif.

  1. Fleksibilitas: Ingatlah bahwa Promes PJOK perlu fleksibel. Siswa mungkin memiliki tingkat kebugaran yang berbeda, jadi penting untuk menyediakan variasi dalam kegiatan.
  2. Dokumentasi dan Evaluasi: Selama pelaksanaan, dokumentasikan perkembangan siswa dan evaluasi pelaksanaan Promes. Ini akan membantu Anda dalam perbaikan di masa depan.

Kesimpulan

Membuat Promes PJOK untuk kelas 1 SD/MI dalam Kurikulum Merdeka memerlukan pemahaman yang mendalam tentang SK-KD, materi ajar, dan karakteristik siswa.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat merancang Promes yang efektif dan sesuai dengan perkembangan siswa. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan Promes dengan perkembangan siswa dan kebutuhan mereka.

FAQS

1. Apa itu Promes PJOK?

  • Promes PJOK adalah singkatan dari Program Semester Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Ini adalah rencana pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mengatur kegiatan pembelajaran PJOK selama satu semester.

2. Apa yang berbeda dalam Promes PJOK Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka?

  • Dalam Kurikulum Merdeka, pendidikan ditekankan pada pengembangan keterampilan siswa, pemahaman konsep, dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Promes PJOK harus dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip ini.

3. Bagaimana cara memulai menyusun Promes PJOK untuk kelas 1?

  • Langkah pertama adalah memahami Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) yang relevan dengan PJOK kelas 1. Kemudian, Anda dapat mengidentifikasi materi ajar yang sesuai.

4. Apa yang harus menjadi fokus utama dalam Promes PJOK kelas 1?

  • Fokus utama Promes PJOK kelas 1 adalah pada perkembangan fisik dan keterampilan motorik kasar siswa. Ini mencakup latihan fisik, permainan, dan aktivitas yang mendukung perkembangan tersebut.

5. Bagaimana mengukur pencapaian tujuan pembelajaran dalam Promes PJOK?

  • Anda dapat menggunakan berbagai metode penilaian, seperti observasi, tes keterampilan, dan penilaian formatif. Tujuan pembelajaran harus mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

6. Bagaimana menjaga fleksibilitas dalam Promes PJOK?

  • Penting untuk menyediakan variasi dalam kegiatan PJOK untuk mengakomodasi tingkat kebugaran yang berbeda di antara siswa. Ini dapat dilakukan dengan menghadirkan berbagai jenis permainan dan latihan fisik.

7. Apakah Promes PJOK perlu dievaluasi?

  • Ya, sangat penting untuk mengevaluasi pelaksanaan Promes PJOK dan hasilnya. Evaluasi dapat membantu dalam perbaikan di masa depan.

8. Bagaimana cara mendokumentasikan perkembangan siswa dalam PJOK?

  • Anda dapat mendokumentasikan perkembangan siswa dengan mencatat prestasi, kemajuan, dan partisipasi siswa dalam kegiatan PJOK. Dokumentasi ini membantu dalam penilaian dan pelaporan kepada orang tua.

9. Apakah ada sumber daya yang dapat membantu dalam penyusunan Promes PJOK?

  • Ada banyak sumber daya yang dapat membantu guru dalam menyusun Promes PJOK, termasuk buku pedoman, panduan dari Kementerian Pendidikan, dan pengalaman guru lain. Internet juga merupakan sumber informasi yang berharga.

10. Apa pentingnya PJOK dalam Kurikulum Merdeka?

  • PJOK memiliki peran penting dalam pengembangan fisik, kesehatan, dan keterampilan siswa. Dalam Kurikulum Merdeka, PJOK membantu siswa untuk mengembangkan kompetensi fisik dan keterampilan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga artikel ini bermanfaat dalam memandu Anda dalam menyusun Promes PJOK yang efektif.